Contoh Skripsi Arsitektur:Phys ical Traces Pada Ruang Terbuka Publik (Studi Kasus Lapangan Merdeka)



BAB I  
PENDAHULUAN  
1.1.  Latar Belakang  
Ruang terbuka publik merupakan salah satu fasilitas yang dibutuhkan kota.
Ruang terbuka publik merupakan lahan yang tidak terbangun dengan penggunaan  tertentu, tidak ditempati oleh bangunan dan dapat dirasakan apabila mempunyai  pembatas  disekitarnya.  Ruang  terbuka  mempunyai  fungsi  dan  kualitas  yang  terlihat  dari  komposisinya  (Rapuano,  1994).  Masyarakat  dari  berbagai  golongan  membutuhkan ruang terbuka publik yang mampu mengakomodasikan kebutuhan  mereka sebagai tempat rekreasi dan menyalurkan hobi. Daya tarik sebuah ruang  terbuka publik adalah karena manusia memiliki sifat sebagai mahluk sosial yang  membutuhkan interaksi sosial dengan orang lain.

Lapangan  Merdeka  merupakan  salah  satu  ruang  terbuka  publik  di  Kota  . Letaknya yang berada di jantung kota menjadi salah satu penunjang bagi  area  publik  ini  karena  dapat  diakses  dengan  mudah  oleh  masyarakat  kota.
Lapangan  ini  sering  dimanfaatkan  masyarakat  sebagai  sarana  olahraga,  tempat  interaksi, aktivitas sosial dan kebutuhan rekreasi.  Lapangan Merdeka  yang telah  dirancang  secara  baik  dan  menarik  oleh  pemerintah  kota  ternyata  tidak  semua  desain  yang  dirancang  tersebut  digunakan  secara  maksimal  oleh  pengguna.
Banyak  pengguna  Lapangan  Merdeka  yang  tidak  mengikuti  desain  yang  sudah   2  ada khsnya dalam  path  yang sudah dirancang. Akibatnya banyak “jalur” baru  yang dibuat oleh pengguna diluar dari rancangan arsitek.
Physical  Traces (jejak  yang  ditinggalkan)  merupakan  salah  satu  teknik  evaluasi yang dapat dimanfaatkan untuk melihat sejauh mana keberhasilan suatu  desain  berdasarkan  perilaku  penggunanya.  Teknik  tersebut  dapat  melihat  lingkungan fisik sebagai cerminan dari aktivitas sebelumnya. Secara tidak sadar  manusia akan meninggalkan jejak pada setiap aktivitasnya, seperti tapak kaki di  tanah  atau  bercak  tangan  di  lantai.  Disisi  lain,  physical  traces dapat  mengubah  perilaku manusia di lingkungan, contohnya pada saat seseorang memasuki gedung  baru tentu perilakunya akan berbeda dengan saat ia berada di gedung sebelumnya  (Zeisel, 1980).


Contoh Skripsi Arsitektur:Physical Traces Pada Ruang Terbuka Publik (Studi Kasus Lapangan Merdeka)
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.