Contoh Skripsi Farmasi:Analisis Kandungan Zn dan Pb Dalam Minuman Berkarbonat Kemasan Kaleng Secara Spektrofotometri Serapan Atom



BAB I
PENDAHULUAN
 1.1.  Latar Belakang
Kualitas makanan atau minuman tidak lepas dari berbagai pengaruh seperti  proses pembuatan, kemasan dan penyimpanan. Faktor-faktor ini menentukan  layak atau tidaknya suatu makanan yang dapat dikonsumsi. Berbagai bahan  pencemar terkandung dalam makanan karena penggunaan bahan baku pangan  terkontaminasi oleh proses pengolahan maupun penyimpanan. Makanan maupun  minuman biasanya  ditempatkan pada suatu wadah yang dipakai untuk dapat  memperpanjang umur makanan tersebut. Biasanya wadah yang digunakan antara  lain kaleng, botol, baik kaca ataupun plastik, akan tetapi makanan kaleng dapat  menyerap logam dari wadahnya baik timah (Sn), seng (Zn), besi (Fe) dan timbal  (Pb), hal tersebut sering dinamakan korosi (Deman, 1997).

Minuman ringan dengan karbonasi adalah minuman yang dibuat dengan  mengabsorpsikan karbondioksida ke dalam air minum (Anonim,2010). Sebagai  minuman yang digemari masyarakat, minuman berkarbonat kemasan kaleng ada  kemungkinan mengandung logam seng dan timbal. Logam-logam tersebut yang  terdapat sebagai komponen bahan kemasan mudah bereaksi dengan asam  sehingga pada keasaman (pH) tertentu dan lama penyimpanan yang tertentu pula,  akan terjadi pencemaran terhadap minuman berkarbonat. Sehingga dikhawatirkan  minuman minuman berkarbonat telah tercemar oleh logam zink dan timbal.
 Berbagai metode dapat diterapkan dalam penetapan kadar zink dan timbal  antara lain metode gravimetri, titrimetri (Fries, 1977), flame photometry dan  spektrofotometri serapan atom (Helrich, 1990). Penetapan kadar zink dan timbal  pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Spektrofotometri Serapan  Atom, karena metode ini adalah salah satu metode yang selektif, sensitif, mudah,  cepat untuk analisis logam (Haswell, 1991), karena kadar timbal di dalam sampel  di asumsikan kecil sehingga, jika memakai spektrofotometri serapan atom sistem  atomisasi nyala udara-asetilen di kawatirkan sebagian dari timbal akan menguap  dan hasil yang didapat tidak maksimal, maka digunakan spektrofotometri serapan  atom sistem atomisasi dengan tungku atau graphite furnace  untuk penetapan  kadar timbal dan spektrofotometri serapan atom nyala udara asetilen untuk  penetapan kadar zink.


Contoh Skripsi Farmasi:Analisis Kandungan Zn dan Pb Dalam Minuman Berkarbonat Kemasan Kaleng Secara Spektrofotometri Serapan Atom
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.