Skripsi Teknologi Informasi:Sistem Clustering Data Penjualan Menggunakan Algoritma Fuzzy C-Means



BAB  1
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Kehadiran teknologi informasi terutama basis data dalam perusahaan sudah menjadi kebutuhan pokok. Banyak perusahaan yang mengumpulkan data dengan ukuran yang besar sehingga pertumbuhan jumlah data yang begitu cepat hanya membuat data tidak dimanfaaatkan  dengan  baik.  Salah  satu  perusahaan  yang  memiliki  penyimpanan jumlah  data  yang  besar  adalah  perusahaan  ritel.  Perusahaan  ritel  setiap  harinya memiliki jumlah transaksi yang sangat banyak. Hal ini berdampak pada pertumbuhan jumlah  data  yang  sangat  pesat  dan  menimbulkan  jumlah  data  yang  berskala  besar dalam  basis  data. 
Data  tersebut  dapat  diolah  sehingga  memperoleh  informasi  yang bermanfaat untuk strategi pemasaran. Salah satu cara memperoleh strategi pemasaran adalah dengan memperhatikan kapan suatu produk banyak dibeli konsumen, sehingga manajemen  perusahaan  mengetahui  produk  apa  saja  yang  harus  ditingkatkan penjualanannya.
Suatu  teknologi  yang  dapat  digunakan  untuk  mewujudkannya  adalah  Data mining.  Data  mining  adalah  serangkaian  proses  untuk  menggali  nilai  tambah  dari suatu  kumpulan  data  berupa  pengetahuan  yang  selama  ini  tidak  diketahui  secara manual (Kusrini, 2009). Terdapat beberapa penelitian pada data penjualan yang telah dilakukan,  yaitu  penerapan  data  mining  pada  penjualan  menggunakan  metode Agglomerative  Hierarchical  Clustering(Sutrisno,  2013)  yang  menghasilkan  pola penjualan produk mana yang diminati oleh konsumen,kekurangan dalam penelitian   ini  adalah  proses  clustering  lebih  lambat  dibandingkan  k-meansdan  metode  yang digunakan  tidakmenentukan  jumlah  klaster  dari  awal. Penelitian  lainnya  adalah implementasi  data  mining  untuk  mengetahui  pola  transaksi  pada  data  penjualan menggunakan  metode  Deskripsi (Anisah,  2013)  yang  menghasilkan  pola  transaksi penjualan per periode dan informasi tingkat penjualan kategori produk yang laku dan jarang  laku,  pada  penelitiannya  memiliki  kekurangan dalam  segi  metode  yang digunakan,  metode  yang  digunakan  adalah  metode  deskripsi  yang  menggunakan jumlah  transaksi  penjualan  sebagai  variabel  untuk  menghasilkan  nilai  rata-rata, median dan modus untuk setiap produk.
Clustering  merupakan  proses  membagi  data  dalam  suatu  himpunan  kedalam beberapa  kelompok  yang  kesamaan  datanya  dalam  suatu kelompok  lebih  besar  dari pada kesamaan data tersebut dengan data dalam kelompok lain. Salah satu algoritma yang termasuk dalam metode kluster adalah  Fuzzy C-Means(FCM) yang merupakan algoritma clustering data supersived yang setiap datanya menjadi anggota dari suatu kluster dengan derajat didefinisikan dengan level keanggotaan (Kusrini, 2009).
Penelitian  yang  telah  dilakukan  menggunakan  Algoritma  FCM  adalah penerapan data mining Penerapan Fuzzy C-Means dalamPemilihan Peminatan Tugas Akhir.  Hasil  dari  penelitian  ini  bahwa  FCM  sesuai  untuk  aplikasi  pemilihan peminatan tugas akhir karena memiliki akurasi yang tinggi (Sumanto, 2011) Oleh  karena  itu,  penulis  akan  mengambil  judul  Sistem  Clustering Data Penjualan Menggunakan Algoritma Fuzzy C-Means.


Skripsi Teknologi Informasi:Sistem Clustering Data Penjualan Menggunakan Algoritma Fuzzy C-Means
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.