Contoh Skripsi Akuntansi: Pengaruh Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan terhadap Rentabilitas Ekonomis Pada Perusahaan Dagang



BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah  Perkembangan ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah sekarang ini  tidak  bertujuan untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi, antara lain  diwujudkan melalui kebijakan deregulasi diberbagai bidang usaha. Dalam era  deregulasi ini, pemerintah mengurangi campur tangan secara langsung dalam  mengatur dan mengendalikan perekonomian, sifat dan dinamika dunia usaha  bersumber pada inisiatif dan kreativitas dunia usaha sendiri. Peranan mekanisme  pasar di dalam kegiatan ekonomi semakin besar, sehingga kalangan dunia usaha  dituntut untuk berpacu dalam memenangkan pasar.
Untuk mewujudkan tuntutan tersebut diperlukan suatu prinsip pengelolaan  yang efektif, efesien dan produktif terhadap semua bagian yang ada diperusahaan  serta didukung oleh suatu tindakan pengendalian yang efektif untuk mencegah  timbulnya penyimpangan yang  mengganggu terhadap kinerja perusahaan.

Efesiensi operasi perusahaan akan berperan penting terhadap keberhasilan  perusahaan dengan adanya laju pertumbuhan penjualan yang meningkat.
Peningkatan laju pertumbuhan penjualan membutuhkan adanya penambahan  pembiayaan, baik pembiayaan dalam aset lancar maupun aset tetap. Pembiayaan  dalam aset lancar memiliki sifat mudah diuangkan dan merupakan jumlah yang   besar dalam perusahaan sehingga memerlukan perhatian yang seksama dari  manajer keuangan.
Tujuan perusahaan pada umumnya adalah untuk memperoleh laba, tetapi  laba yang besar belum merupakan suatu ukuran bahwa perusahaan itu telah  bekerja secara efesien. Efesiensi suatu perusahaan baru dapat diketahui dengan  membandingkan laba yang diperoleh dengan kekayaan atau modal yang  menghasilkan laba tersebut atau dengan kata lain adalah menghitung  rentabilitasnya. Dengan demikian yang harus diperhatikan oleh perusahaan tidak  hanya bagaimana usaha untuk memperbesar laba, tetapi yang lebih penting adalah  usaha untuk mempertinggi rentabilitasnya.
Rentabilitas erat kaitannya dengan penggunaan modal dalam perusahaan.
Masalah permodalan merupakan masalah utama yang akan menunjang kegiatan  operasional suatu perusahaan. Modal yang digunakan untuk kegiatan usaha ini  disebut modal kerja. Modal kerja merupakan kekayaan atau aset yang diperlukan  oleh perusahaan untuk menyelenggarakan kegiatan operasional sehari-hari yang  selalu berputar dalam periode tertentu.


Contoh Skripsi Akuntansi: Pengaruh Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan terhadap Rentabilitas Ekonomis Pada Perusahaan Dagang
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.