BAB PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah Keputusan
atau niat untuk membeli merupakan sesuatu yang berhubungan dengan recana konsumen untuk membeli produk
atau jasa tertentu, serta berapa banyak
unit produk yang dibutuhkan pada periode tertentu. Keputusan pembelian merupakan pernyataan mental konsumen yang
merefleksikan rencana pembelian sejumlah
produk dengan merek tertentu. Pengetahuan akan keputusan pembelian sangat diperlukan para pemasar untuk
mengetahui niat konsumen terhadap suatu produk
maupun untuk memprediksi prilaku konsumen dimasa mendatang (Setiadi, 2003:15). Keputusan atau niat untuk
membeli terbentuk dari sikap konsumen
terhadap produk keyakinan konsumen terhadap kualitas produk, maka akan menyebabkan menurunnya keputusan atau
niat untuk membeli konsumen.
Selain timbulnya persaingan
bisnis yang tinggi, pola pikir dan perilaku masyarakat juga mengalami banyak kemajuan.
Perkembangan pola pikir tersebut, misalnya
masyarakat lebih tertarik untuk menginvestasikan uang mereka dengan mendirikan usaha seperti Cafe agar dapat
menghasilkan keuntungan bagi mereka.
Bisnis yang bergerak dalam usaha
pelayanan pangan di kota saat ini jumlahnya cukup banyak, salah satunya adalah
Gardenia Cafe .Gardenia Soraya Isti
Farna : Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen
Pada Gardenia Cafe , 2010.
Cafe berlokasi di jalan SMTK dalam no: 2A . Gardenia Cafe sebagai objek penelitian karena Gardenia
Cafemerupakan cafe yang ramai di
kunjungi konsumen, Gardenia Cafe merupakan cafe yang bernuansa alam seperti cafe-cafe yang berada di Bali, Gardenia Cafe
merupakan cafe yang mengandalkan bangunan yang unik dan
tradisional, Gardenia Cafe merupakan cafe
yang memiliki menu makanan yang bervariasi.
Saat ini Cafe tidak hanya dikunjungi
konsumen untuk mencari makan dan minum saja, tetapi juga sebagai tempat pertemuan bisnis para eksekutif muda di
kota . Para eksekutif muda berkumpul
dengan teman dan relasinya lebih banyak memilih tempat di Cafe.
Keberhasilan maupun kegagalan
suatu perusahaan dalam mendatangkan pembeli
sangat dipengaruhi oleh perusahaan yang inovatif dan kreatif dalam pengelolaan bisnisya. Bauran pemasaran jasa
adalah paduan strategi produk, harga,
tempat, promosi, orang, bukti fisik dan proses yang bersifat unik yang dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang
saling memuaskan dengan pasar yang
dituju (Lamb, Hair & Mc Daniel, 2001:55). Berdasarkan definisi tersebut dapat disimpulkankan bahwa bauran pemasaran
jasa merupakan unsur-unsur pemasaran
yang saling terkait, di baurkan, diorganisir, dan digunakan dengan tepat, sehingga perusahaan dapat mencapai
tujuan pemasaran dengan efektif, sekaligus
memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Bauran pemasaran jasa merupakan sarana untuk menjadikan bagian
organisasi berorientasi kepada konsumen.
Penerapan bauran pemasaran jasa yang efektif akan menciptakan kegiatan operasional perusahaan berjalan
dengan efektif pula. Hal ini diperlukan dalam
pencapaian tujuan perusahaan dan menghadapi persaingan yang menjadi kompetitif. Bauran pemasaran jasa tersebut
merupakan suatu alat bagi pemasar Soraya
Isti Farna : Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian
Konsumen Pada Gardenia Cafe , 2010.
yang terdiri dari berbagai elemen yang perlu
dipertimbangkan agar implementasi strategi
pemasaran yang ditetapkan dapat berjalan sukses (Lupiyadi 2001:58).
Produk merupakan keseluruhan
konsep objek atau proses yang memberikan
sejumlah nilai manfaat kepada konsumen. Hal yang perlu diperhatikan dalam produk adalah konsumen
tidak hanya membeli fisik dari produk
itu saja tetapi membeli benefit dan value dari produk tersebut. Terutama pada produk jasa yang kita kenal tidak
menimbulkan beralihnya kepemilikan Dari penyediaan
jasa kepada konsumen. Apa keunikan produk (dalam hal ini produk jasa) yang kita tawarkan, siapa pasar sasaran
utama jasa kita, kemudian juga apakah
produk tersebut akan mampu bertahan (dalam arti tidak akan digantikan posisinya oleh produk lain), untuk berapa lama
produk tersebut akan bertahan (Lupiyadi,
2001:23). Harga merupakan unsur bauran pemasaran yang bersifat flexible, artinya dapat diubah dengan cepat
(Tjiptono 2005:151). Harga merupakan
salah satu faktor yang harus dikendalikan secara serasi dan selaras dengan tujuan yang ingin dicapai perusahaan.
Harga adalah yang dipertukarkan konsumen
untuk suatu manfaat atas pengkonsumsian, penggunaan, atau kepemilikan harga barang atau jasa (Kotler,
2001:742). Tempat merupakan suatu wilayah
atau lokasi dimana perusahaan dapat menjalankan atau melaksanakan kegiatan pemasarannya kepada masyarakat.
Lokasi pemasaran yang nyaman, aman,
bersih, ramai, dan mudah dijangkau, merupakan beberapa kriteria lokasi yang diminati oleh banyak konsumen. Promosi
merupakan salah satu komponen dalam
bauran pemasaran yang mempunyai peranan penting dalam mengkomunikasikan kebaikan dan keunggulan
produk atau jasa tertentu yang diperlukan
dan dibutuhkannya. Karena pada dasarnya promosi dilakukan untuk Soraya Isti Farna : Pengaruh Bauran Pemasaran
Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Gardenia Cafe , 2010.
meningkatkan jumlah konsumen terhadap produk
atau jasa yang ditawarkan perusahaan disertai
informasi yang lebih atraktif. Kegiatan promosi yang dilakukan untuk memperkenalkan jasa yang
ditawarkan harus sesuai dengan kemampuan
biaya operasional perusahaan. Promosi merupakan cara atau alat bagi perusahaan untuk mengkomunikasikan jasa
yang mereka tawarkan kepada konsumen.
Dari bentuk-bentuk promosi yang ada, sarana periklanan memegang peranan penting dimana hampir semua jenis
iklan digunakan oleh perusahaan seperti
membagikan brosur-brosur, mamasang spanduk, dan surat kabar. Orang merupakan orang-orang yang terlibat langsung
dalam menjalankan segala aktivitas
perusahaan dan merupakan faktor yang memegang peranan penting bagi semua organisasi. Dalam perusahaan jasa,
unsur people ini bukan hanya memainkan peranan penting dalam bidang
produksi atau operasional saja, tetapi juga
dalam melakukan hubungan kontak langsung dengan konsumen. Perilaku orang-orang yang terlibat langsung ini sangat
penting dalam mempengaruhi mutu jasa
yang ditawarkan dan image perusahaan jasa yang bersangkutan.
merupakan unsur vital dalam
bauran pemasaran. Pada perusahaan jasa, bagaimana
seorang karyawan bertingkah laku dan bertindak akan berpengaruh langsung kepada output yang diterima konsumen.
Oleh karena itu, setiap perusahaan jasa
(terutama yang tingkat kontak dengan pelanggan tinggi) haruslah secara jelas menentukan apa yang diharapkan
dari setiap karyawan dalam interaksinya
dengan pelanggan. Bukti fisik merupakan suatu hal yang secara nyata ikut mempengaruhi keputusan konsumen untuk
membeli dan menggunakan produk jasa yang
ditawarkan. Unsur-unsur yang termasuk dalam Bukti fisik antara lain lingkungan fisik, dalam hal ini bangunan
fisik, peralatan, perlengkapan, logo, Soraya
Isti Farna : Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian
Konsumen Pada Gardenia Cafe , 2010.
warna dan barang-barang yang disatukan dengan
service yang diberikan. Bukti fisik ini
bisa dalam berbagai bentuk, misalnya: penampilan karyawan yang rapi dan sopan, dekorasi internal dan eksternal
yang atraktif. Proses merupakan faktor penting
bagi konsumen dengan tingkat kontak dengan pelanggan yang tinggi (high contact service). Proses bagaimana jasa
(pelayanan) disampaikan tersebut menentukan
peningkatan jumlah konsumen.
Gardenia Cafe telah
menjalankan usahanya selama 3 tahun.
Skripsi Manajemen:Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Gardenia Cafe
Download lengkap Versi PDF >>>>>>>KLIK DISINI
Bab I
|
Download
| |
Bab II
|
Download
| |
Bab III - V
|
Download
| |
Daftar Pustaka
|
Download
| |
Lampiran
|
Download
|