Skripsi Manajemen:Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Gardenia Cafe


 BAB  PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah Keputusan atau niat untuk membeli merupakan sesuatu yang berhubungan  dengan recana konsumen untuk membeli produk atau jasa tertentu, serta berapa  banyak unit produk yang dibutuhkan pada periode tertentu. Keputusan pembelian  merupakan pernyataan mental konsumen yang merefleksikan rencana pembelian  sejumlah produk dengan merek tertentu. Pengetahuan akan keputusan pembelian  sangat diperlukan para pemasar untuk mengetahui niat konsumen terhadap suatu  produk maupun untuk memprediksi prilaku konsumen dimasa mendatang  (Setiadi, 2003:15). Keputusan atau niat untuk membeli terbentuk dari sikap  konsumen terhadap produk keyakinan konsumen terhadap kualitas produk, maka  akan menyebabkan menurunnya keputusan atau niat untuk membeli konsumen.

Selain timbulnya persaingan bisnis yang tinggi, pola pikir dan perilaku  masyarakat juga mengalami banyak kemajuan. Perkembangan pola pikir tersebut,  misalnya masyarakat lebih tertarik untuk menginvestasikan uang mereka dengan  mendirikan usaha seperti Cafe agar dapat menghasilkan keuntungan bagi mereka.
Bisnis yang bergerak dalam usaha pelayanan pangan di kota  saat ini  jumlahnya cukup banyak, salah satunya adalah Gardenia Cafe .Gardenia  Soraya Isti Farna : Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada  Gardenia Cafe , 2010.
 Cafe  berlokasi di jalan SMTK dalam no: 2A .  Gardenia Cafe  sebagai objek penelitian karena Gardenia Cafemerupakan cafe yang ramai  di kunjungi konsumen, Gardenia Cafe merupakan cafe yang bernuansa alam  seperti cafe-cafe  yang berada di Bali,  Gardenia Cafe  merupakan cafe  yang  mengandalkan bangunan yang unik dan tradisional, Gardenia Cafe merupakan  cafe yang memiliki menu makanan yang bervariasi.  Saat ini Cafe tidak hanya  dikunjungi konsumen untuk mencari makan dan minum saja, tetapi juga sebagai  tempat pertemuan bisnis para eksekutif muda di kota . Para eksekutif muda  berkumpul dengan teman dan relasinya lebih banyak memilih tempat di Cafe.
Keberhasilan maupun kegagalan suatu perusahaan dalam mendatangkan  pembeli sangat dipengaruhi oleh perusahaan yang inovatif dan kreatif dalam  pengelolaan bisnisya. Bauran pemasaran jasa adalah paduan strategi produk,  harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik dan proses yang bersifat unik yang  dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling memuaskan dengan pasar  yang dituju (Lamb, Hair & Mc Daniel, 2001:55). Berdasarkan definisi tersebut  dapat disimpulkankan bahwa bauran pemasaran jasa merupakan unsur-unsur  pemasaran yang saling terkait, di baurkan, diorganisir, dan digunakan dengan  tepat, sehingga perusahaan dapat mencapai tujuan pemasaran dengan efektif,  sekaligus memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Bauran pemasaran  jasa merupakan sarana untuk menjadikan bagian organisasi berorientasi kepada  konsumen. Penerapan bauran pemasaran jasa yang efektif akan menciptakan  kegiatan operasional perusahaan berjalan dengan efektif pula. Hal ini diperlukan  dalam pencapaian tujuan perusahaan dan menghadapi persaingan yang menjadi  kompetitif. Bauran pemasaran jasa tersebut merupakan suatu alat bagi pemasar  Soraya Isti Farna : Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada  Gardenia Cafe , 2010.
 yang terdiri dari berbagai elemen yang perlu dipertimbangkan agar implementasi  strategi pemasaran yang ditetapkan dapat berjalan sukses (Lupiyadi 2001:58).
Produk merupakan keseluruhan konsep objek atau proses yang  memberikan sejumlah nilai manfaat kepada konsumen. Hal yang perlu  diperhatikan dalam produk adalah konsumen tidak hanya membeli fisik dari  produk itu saja tetapi membeli benefit dan value dari produk tersebut. Terutama  pada produk jasa yang kita kenal tidak menimbulkan beralihnya kepemilikan Dari  penyediaan jasa kepada konsumen. Apa keunikan produk (dalam hal ini produk  jasa) yang kita tawarkan, siapa pasar sasaran utama jasa kita, kemudian juga  apakah produk tersebut akan mampu bertahan (dalam arti tidak akan digantikan  posisinya oleh produk lain), untuk berapa lama produk tersebut akan bertahan  (Lupiyadi, 2001:23). Harga merupakan unsur bauran pemasaran yang bersifat  flexible, artinya dapat diubah dengan cepat (Tjiptono 2005:151). Harga  merupakan salah satu faktor yang harus dikendalikan secara serasi dan selaras  dengan tujuan yang ingin dicapai perusahaan. Harga adalah yang dipertukarkan  konsumen untuk suatu manfaat atas pengkonsumsian, penggunaan, atau  kepemilikan harga barang atau jasa (Kotler, 2001:742). Tempat merupakan suatu  wilayah atau lokasi dimana perusahaan dapat menjalankan atau melaksanakan  kegiatan pemasarannya kepada masyarakat. Lokasi pemasaran yang nyaman,  aman, bersih, ramai, dan mudah dijangkau, merupakan beberapa kriteria lokasi  yang diminati oleh banyak konsumen. Promosi merupakan salah satu komponen  dalam bauran pemasaran yang mempunyai peranan penting dalam  mengkomunikasikan kebaikan dan keunggulan produk atau jasa tertentu yang  diperlukan dan dibutuhkannya. Karena pada dasarnya promosi dilakukan untuk  Soraya Isti Farna : Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada  Gardenia Cafe , 2010.
 meningkatkan jumlah konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan  perusahaan disertai informasi yang lebih atraktif. Kegiatan promosi yang  dilakukan untuk memperkenalkan jasa yang ditawarkan harus sesuai dengan  kemampuan biaya operasional perusahaan. Promosi merupakan cara atau alat  bagi perusahaan untuk mengkomunikasikan jasa yang mereka tawarkan kepada  konsumen. Dari bentuk-bentuk promosi yang ada, sarana periklanan memegang  peranan penting dimana hampir semua jenis iklan digunakan oleh perusahaan  seperti membagikan brosur-brosur, mamasang spanduk, dan surat kabar. Orang  merupakan orang-orang yang terlibat langsung dalam menjalankan segala  aktivitas perusahaan dan merupakan faktor yang memegang peranan penting bagi  semua organisasi. Dalam perusahaan jasa, unsur  people  ini bukan hanya  memainkan peranan penting dalam bidang produksi atau operasional saja, tetapi  juga dalam melakukan hubungan kontak langsung dengan konsumen. Perilaku  orang-orang yang terlibat langsung ini sangat penting dalam mempengaruhi mutu  jasa yang ditawarkan dan  image  perusahaan jasa yang bersangkutan.
merupakan unsur vital dalam bauran pemasaran. Pada perusahaan jasa,  bagaimana seorang karyawan bertingkah laku dan bertindak akan berpengaruh  langsung kepada output yang diterima konsumen. Oleh karena itu, setiap  perusahaan jasa (terutama yang tingkat kontak dengan pelanggan tinggi) haruslah  secara jelas menentukan apa yang diharapkan dari setiap karyawan dalam  interaksinya dengan pelanggan. Bukti fisik merupakan suatu hal yang secara nyata  ikut mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli dan menggunakan  produk jasa yang ditawarkan. Unsur-unsur yang termasuk dalam Bukti fisik antara  lain lingkungan fisik, dalam hal ini bangunan fisik, peralatan, perlengkapan, logo,  Soraya Isti Farna : Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada  Gardenia Cafe , 2010.
 warna dan barang-barang yang disatukan dengan service yang diberikan. Bukti  fisik ini bisa dalam berbagai bentuk, misalnya: penampilan karyawan yang rapi  dan sopan, dekorasi internal dan eksternal yang atraktif. Proses merupakan faktor  penting bagi konsumen dengan tingkat kontak dengan pelanggan yang tinggi  (high contact service). Proses bagaimana jasa (pelayanan) disampaikan tersebut  menentukan peningkatan jumlah konsumen.
Gardenia Cafe   telah menjalankan usahanya selama 3 tahun.


Skripsi Manajemen:Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Gardenia Cafe
Download lengkap Versi PDF >>>>>>>KLIK DISINI

Bab I
Download 
 Bab II
 Download 
 Bab III - V
 Download 
Daftar Pustaka
 Download 
Lampiran
Download