Skripsi Civil Engineering:Pengaruh Pembangunan Pusat Perbelanjaan Baru Terhadap Dampak Lalu Lintas (Studi Kasus Medan Focal Point Jl. Ringroad Gagak Hitam)


  BAB I PENDAHULUAN
Umum Transportasi  memegang  peranan  penting  dalam  perkotaan  dan  salah  satu indikator  kota  yang  baik,  yang  dapat  ditandai  dengan  sistem  transportasinya.
Sektor  transportasi  harus  mampu  memberikan  kemudahan  bagi  seluruh masyarakat  dengan  segala  kegiatannya  di  semua  lokasi  yang  berbeda  yang tersebar dengan karakteristik fisik yang berbeda pula.
Menurut  Tamin  (2000)  setiap  ruang  kegiatan  akan  membangkitkan pergerakan dan menarik pergerakan, yang intensitasnya tergantung pada jenis tata guna  lahannya.  Pemisahan aktivitas  tersebut  membutuhkan  pelayanan  jaringan jalan,  yang  selanjutnya  menimbulkan  adanya  pergerakan  lalu  lintas.  Sistem kegiatan,  sistem  jaringan  dan  sistem  pergerakan  (traffic)  merupakan  tiga  sub sistem  yang  saling  terkait  yang  perlu  dikendalikan  dan diselaraskan  guna menunjang terciptanya sistem transportasi yang baik.

I.2 Latar Belakang Pengukuran tingkat keberhasilan suatu pembangunan yang dilaksanakan di suatu negara ataupun daerah dapat dilihat dari tingkat pertumbuhan ekonomi yang dicapai.  Pertumbuhan  ekonomi  merupakan  suatu  gambaran  mengenai  dampak kebijaksanaan  pembangunan  yang  dilaksanakan  suatu  negara  dan  daerah khsnya di bidang ekonomi. Laju pertumbuhan ekonomi tersebut terbentuk dari berbagai  macam  sektor  ekonomi  yang  secara  tidak  langsung  akan   menggambarkan  tingkat  perubahan  ekonomi  yang  terjadi  di  suatu  negara  dan daerah tersebut.
Kota  Medan  sebagai  kota  sentral  ekonomi  di  daerah  Sumatera  Utara adalah  kota  yang  mempunyai  perkembangan  yang  tumbuh  dengan  pesat,  oleh karena itu maka pemerintah harus menyediakan sarana dan prasarana kota untuk menunjang  kelancaran  dari  pertumbuhan  kota  Medan  itu  sendiri.  Dalam  hal perkembangan  kota  yang  paling  menonjol  perkembangannya  adalah  pusat perbelanjaan.
Hal  ini  tidak  terlepas  dari  pertumbuhan  ekonomi yang  dialami  oleh penduduk  republik  ini,  secara  tidak  langsung  apabila  pertumbuhan  properti bertambah  banyak,  maka  ini  mengindikasikan  bertumbuhnya  pendapatan  dalam negeri  itu  sendiri  dan  menjadi  salah  satu  daya  tarik  investor  untuk  menanam dananya dengan segala mimpi keuntungan yang didapat Peningkatan  pembangunan  pusat  perbelanjaan  modern  mengisyaratkan adanya  peningkatan  kebutuhan  ruang  untuk  aktivitas  perekonomian.  Dengan berdirinya  Medan  Focal  Point  pusat  perbelanjaan  baru  di  Medan   maka  akan menimbulkan dampak terhadap arus lalu lintas dan menambah volume lalu lintas.
Sementara  Menurut  Tamin  (2000),  masalah  lalulintas/kemacetan menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi pemakai jalan, terutama dalam hal pemborosan waktu (tundaan), pemborosan bahan bakar, pemborosan tenaga dan rendahnya  kenyamanan  berlalulintas  serta  meningkatnya  polusi  baik  suara maupun polusi udara.
Berdirinya suatu perbelanjaan baru di suatu lokasi, tentu akan membawa dampak  bagi  segala  pihak.  Baik  itu  dampak  yang  positif  dampak  dan  negative.
  Tentunya Pemerintah menginginkan dampak yang baik untuk semua pihak, baik itu  ekonomi  dan  sosialnya.  Pembangunan  lokasi  baru  (perbelanjaan)  juga  akan berpengaruh  untuk  lalu  lintasnya.  Dengan  adanya  pusat  perbelanjaan  baru, otomatis kelancaran arus lalu lintasnya pun akan berubah seiring akitivitas yang ada di tempat tersebut.
Fenomena  masalah  lalu  lintas  ini  menjadi  beban  bagi  semua  pengguna jalan.  Bukan  pengendara  saja  yang  dirugikan,  tetapi  masyarakat  di  sekitar  jalan maupun  pemakai  jalan  juga sangat  di  rugikan  akibat  kemacetan  yang  terjadi  di jalanan tersebut. Dari segi waktu dan tenaga para pengguna jalan baik itu pekerja maupun  pelajar  akan  dirugikan  untuk  beberapa  hal  yang  sesungguhnya  bisa dihindari sejak awal.
I.3 Perumusan Masalah Penelitian Penelitian  ini  akan  membahas  tentang  akibat  yang  akan  ditimbulkan dengan  dibangunnnya   pusat  kegitatan  Medan  Focal  Point  karena  menimbulkan tarikan  yang  disebabkan  pusat  kegitan  tersebut  menawarkan  berbagai  kegiatan seperti  perbelanjaan  yang  lengkap. Dampak  tersebut  berupa  meningkatnya kepadatan  lalu  lintas  (volume  lalu  lintas  bertambah).  Hal  ini  akan  berpengaruh terhadap  kinerja  ruas  jalan  yang  berada  di  depan  pusat  perbelanjaan  tersebut, sehingga terjadi ketidak seimbangan antara volume dan kapasitas jalan yang pada akhirnya akan menimbulkan kemacetan.
I.4 Tujuan Penelitian Dari kondisi diatas maka ada beberapa permasalahan  yang ingin dibahas yaitu antara lain:   1. Mengukur  kinerja  lalu  lintas  pada  ruas  jalan  yang  diperkirakan  akan terpengaruh oleh adanya pusat kegiatan Medan Focal Point 2. Menghitung  nilai  tarikan  perjalanan  yang  terjadi  akibat  dibangunnnya Medan Focal Point 3. Memberikan solusi penanganan yang mungkin dilakukan untuk mengatasi masalah  yang  akan  terjadi  akibat  pembangunan  pusat  kegiatan  Medan Focal Point.
I.5 Manfaat Penelitian Dengan mengkaji analisa damapak lalu lintas ini diharapkan dapat berguna bagi Pemerintah Kota Medan dan dapat memberikan lan sebagai bahan dasar pertimbangan  kepada  Pemerintah  tentang  dampak  bangunan  baru  terhadap kelancaran  arus  lalu  lintas  dan  dapat  meningkatkan  keamanan  dan  kenyamanan berlalu lintas bagi masyarakat pengguna.
I.6 Ruang Lingkup Penelitian Batasan studi dalam penelitian ini meliputi: 1. Wilayah  studi  penelitian  berada  di  sekitar  pusat  kegiatan  Medan  Focal Point 2. Jalan  yang  dijadikan  objek  penelitian  ini  adalah  jalan  Ring  Road  Gagak Hitam yang berlokasi di depan Medan Focal Point 3. Penelitian  ini  membahas  kinerja  ruas  jalan  yang  berada  di  depan  Medan Focal Point 4. Penelitian  ini  membahas  bangkitan  dan tarikan  yang  terjadi  akibat berdirinya Medan Focal Point   I.7 Sistematikan Penulisan Untuk  memperjelas  tahapan  yang  dilakukan  dalam  studi  ini,  penulisan tugas  akhir  ini  dikelompokkan  ke  dalam  5  (lima)  bab  dengan  sistematika pembahasan sebagai berikut: BAB I PENDAHULUAN Merupakan  bingkai  studi  atau  rancangan  yang  akan  dilakukan  meliputi tinjauan umum, latar belakang, perumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian dan sistematika penelitian.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA Merupakan  kajian  sebagai  literatur  serta  kasil  studi  yang  relevan  dengan pembahasan  ini.  Dalam  hal  ini  diuraikan  hal-hal  mengenai  dampak  lalu  lintas dengan menghitung nilai sesuai dengan indikator analisa dampak lalu lintas.
BAB III METODOLOGI PENELITIAN Bab  ini  berisikan  tentang  metode  yang  dipakai  dalam  penelitian  ini, termasuk  pengambilan  data,  langkah  penelitian,  analisa  data,  serta  pemilihan wilayah penelitian.
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN Berisikan pembahasan mengenai data-data yang dikumpulkan, kinerja lalu dianalisa,  sehingga  dapat  diperoleh  hasil  dari  dampak  yang  akan  ditimbulkan akibat beroperasinya bangunan Medan Focal Point.
  BAB V KESIMPULAN DAN SARAN Merupakan  penutup  yang  berisikan  tentang  kesimpulan  yang  telah diperoleh  dari  pembahasan  pada  bab  sebelumnya,  dan  saran  mengenai  hasil penelitian yang dapat dijadikan masukan.


Skripsi Civil Engineering:Pengaruh Pembangunan Pusat Perbelanjaan Baru Terhadap Dampak Lalu Lintas (Studi Kasus Medan Focal Point Jl. Ringroad Gagak Hitam)
Download lengkap Versi PDF >>>>>>>KLIK DISINI

Bab I
Download 
 Bab II
 Download 
 Bab III - V
 Download 
Daftar Pustaka
 Download 
Lampiran
Download