BAB I PENDAHULUAN
A . Latar Belakang Sebagaimana
kita ketahui bahwa setiap lembaga, organisasi, dan bentuk usaha lain baik instansi pemerintah dan swasta
terdiri dari sejumlah individu yang membentuk
kelompok sosial dengan ciri-ciri tertentu yang kita sebut sebagai publik.
Publik ini terbentuk karena adanya kepentingan yang sama dirasakan masing-masing individu. Oleh sebab itu, sering
kita jumpai dalam suatu perusahaan
terdapat jenis produk yang berbeda.
Ada yang disebut publik internal dan
publik eksternal. Kedua publik ini sangat penting artinya bagi perusahaan. Karena
mereka turut mempengaruhi maju mundurnya
bagi perusahaan, jadi intinya kedua publik tersebut harus dibina sebaik mungkin agar hubungan kedua publik
tersebut berjalan harmonis.
Pembinaan hubungan kedua publik
tersebut, baik internal maupun eksternal tidaklah mudah harus dilakukan secara terus
menerus. Karena itu diperlukan suatu badan
yang khs menangani masalah tersebut. Badan itu disebut humas. Humas ini memiliki kegiatan-kegiatan tertentu yang
semuanya bertujuan untuk membina hubungan
yang harmonis dengan berbagai publik perusahaaan.
Seiring kemajuan teknologi dan
ilmu pengetahuan maka keberadaan Humas menjadi
sangat penting untuk mengantarkan perusahaan kepada suasana yang kuat untuk bersaing dengan perusahaan sejenis.
Pada dasarnya aktifitas Humas meliputi
kegiatan mulai dari pembenahan perusahaan itu sendiri, hingga kegiatan yang bersifat membangun atau menciptakan citra
perusahaan yang positif di mata publiknya.
Jadi secara struktural Humas merupakan bagian integral dari suatu organisasi bukan merupakan fungsi yang
terpisah dari sistem manajemen suatu organisasi
atau perusahaan.
Di samping itu peranan komunikasi
dua arah dalam manjemen perusahaan dewasa
ini adalah menjadi nomor satu, seperti untuk melaksanakan komunikasi antara manajemen dengan para karyawannya
antara jajaran pemimpin manajemen dengan
pemilik perusahaan serta termasuk komunikasi timbal balik antara perusahaan dengan publiknya. Kegiatan tersebut
biasanya dilakukan humas akan melakukan
fungsi-fungsi manajemen perusahaan secara optimal.
B. Permasalahan Untuk memfokuskan
dan memperjelas topik yang akan dibahas pada tugas akhir ini, maka penulis perlu mengadakan
perumusan guna mempermudah materi yang
akan dibahas supaya tidak menyimpang dari yang dipelajari penulis selama dibangku perkuliahan. Adapun perumusan masalah
dalam penelitian ini adalah bagaimana
peranan humas pada PT. Alam Laut Sejahtera Belawan.
C. Tujuan Penelitian.
Adapun yang menjadi tujuan dari
penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui peranan humas pada PT. Alam Laut
Sejahtera Belawan.
2. Memberikan sumbangan pemikiran
sebagai bahan masukan bagi PT. Alam Laut Sejahtera Belawan.
D. Manfaat Penelitian Adapun yang menjadi
manfaat dari penelitian ini adalah: 1. Bagi Perusahaan Untuk menjaga hubungan yang harmonis antara
PT. Alam Laut Sejahtera Belawan dengan publik
sehingga terjadi hubungan timbal balik
dalam komunikasi dan adanya
informasi yang diperoleh untuk mendukung kegiatan humas.
2. Bagi Penulis Bagaimana peranan dari humas
dalam menjalankan tugas agar lebih berfungsi dan bertanggungjawab. Bermanfaat untuk
mengetahui dan memahami dalam pencapaian
tujuan agar terlaksana dengan sukses serta dapat menambah pengetahuan penulis dalam bidang yang
diteliti, baik secara teoritis maupun penerapannya
langsung di lapangan.
3. Bagi Pembaca (secara umum) Sebagai bahan informasi atau masukan bagi semua
pihak yang membutuhkan dalam hal peranan
humas di sebuah perusahaan.
E. Jadwal dan Sistematika
Penulisan 1. Jadwal Penulisan Dalam Penulisan tugas akhir ini, penulis membuat
jadwal kegiatan, dimana hal ini
diperlukan agar dapat membagi waktu dengan teratur, supaya penulisan tugas akhir ini dapat diselesaikan tepat pada
waktunya.
Tabel 1.
Jadwal Kegiatan Penulisan Tugas
Akhir Kegiatan Minggu I
Minggu II Minggu III Persiapan Pengumpulan
Data Penulisan Laporan Adapun jadwal survei yang dilakukan oleh
penulis di PT. Alam Laut Sejahtera pada
tanggal 28 April, 2 Mei, dan 8 Mei 2009. Dimana survei tersebut bertujuan memperoleh data-data yang diperlukan mengenai
humas yang dilakukan oleh PT.
Alam Laut Sejahtera Belawan. Hal
ini diperlukan penulis dalam menyelesaikan tugas akhir.
2. Sistematika Penulisan Adapun
sistematika penulisan dari tugas akhir ini adalah: BAB I : Pendahuluan Pada Bab ini akan menjelaskan
tentang Latar Belakang, Permasalahan, Tujuan
Penelitian, Manfaat Penelitian, Jadwal Penelitian yang dilakukan dan Sistematika Penulisan.
BAB II: Profil Perusahaan atau
Instansi Profil perusahaan dalam Bab ini terdiri dari Sejarah Ringkas Perusahaan,
Strukur Organisasi dan Personalia, Uraian Tugas, Kegiatan Usaha, Kinerja Terkini, serta Rencana Kegiatan.
BAB III : Pembahasan Dalam
pembahasan ini akan menjelaskan tentang Kegiatan Humas dengan Publik Internal dan Publik Eksternal,
Fungsi Humas, dan Peranan Humas.
BAB IV : Penutup Isi dari penutup ini terdiri
dari Kesimpulan mengenai Peranan Humas pada
PT. Alam Laut Sejahtera Belawan dan Saran mengenai Peranan Humas pada PT. Alam Laut Sejahtera Belawan.
? � e k @� � � k akan dapat mengubah setiap orang yang mengenakannya. Busana yang dikenakan
sekretaris dalam melayani tamu mecerminkan
citra organisasi tempat dia bekerja. Seorang sekretaris dapat disebut sebagai sekretaris profesional apabila dapat
menampilkan jati diri seorang sekretaris
secara total.
Sekretaris sering melupakan
bagaimana seharusnya sikap yang benar dalam
pelayanan tamu. Dalam bersikap dan berperilaku harus memberikan kualitas yang sama, tidak dibeda-bedakan,
karena sikap dan perilaku ini sangat besar,
guna memberikan kepuasan kepada tamu.
Etiket pelayanan adalah ketentuan
yang berhubungan dengan pelayanan yang
dapat menunjang satu sama lainnya. Pelayanan harus dilakukan oleh semua komponen agar pelayanan yang diberikan cukup
sempurna. Tamu adalah raja, jadi berikan
pelayanan sebak-baiknya. Kepuasan mereka berarti keuntungan buat organisasi, seberapa besar hal yang diberikan
kepada tamu sebanyak itulah keuntungan
yang perusahaaan dapatkan. Akan tetapi masih banyak orang luar yang tidak mengetahui bagaimana cara kerja
sekretaris dalam melayani tamu.
Mereka sering berpikir negative
terhadap apa yang dimaksud dengan pelayanan sekretaris.
Dinas Informasi Komunikasi
Pemerintahan Kota Medan bergerak dibidang
pelayanan informasi terhadap masyarakat kota Medan khsnya.
Skripsi Secretary:Peranan Humas Pada PT. Alam Laut Sejahtera
Download lengkap Versi PDF
