BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG Kalangan dunia
usaha baik instansi pemerintah maupun instansi swasta dalam melakukan usaha sangat mengandalkan
fasilitas atau peralatan kantor untuk menyelesaikan
suatu pekejaan dengan efisien dan hasil kerja yang optimal.
Perkembangan teknologi yang
semakin maju menuntut manusia untuk bertindak semakin cepat dengan memperhatikan efisensi
disegala bidang, dalam menghadapi
perkembangan tersebut tentu saja diperlukan fasilitas atau peralatan dalam kesiapan sarananya. Dengan itu,
diperlukan kesiapan dalam mengoprasikan fasilitas
atau peralatan kantor tersebut.
Hasil kerja yang tinggi berdampak
besar terhadap perusahaan, yang secara langsung
perusahaan akan memperoleh keuntungan yang lebih dan membuat peluang yang besar bagi tercapainya tujuan dan
berbagai sasaran yang ditetapkan.
Fasilitas dalam suatu proses
pekerjaan dipergunakan untuk menghemat secara fisik, tenaga, dan pikiran manusia dalam
melakukan tugas-tugas baik rutin maupun
tugas yang bersifat insidentil. Fasilitas juga dapat memotivasi karyawan untuk bekerja lebih baik sehingga setiap
karyawan dapat memberi kontribusi positif
kepada perusahaan. (Indiyah, 1999) Pengembangan sumber daya manusia dapat
meningkatkan produktivitas karyawan
sehingga dapat membentuk tenaga kerja yang produktif, terampil, dan professional yang bekerja secara efektif dan
efisien. Produktivitas sumber daya manusia
bukan hanya didukung oleh fasilitas yang ada di perusahaan.
Penggunaan fasilitas kerja
bertujuan untuk menyelesaikan tugas yang
berhubungan dengan pekerjaan kantor. Masing-masing kantor memiliki kepentingan atau pekerjaan yang beraneka
ragam, maka dalam merencanakan pemilihan
fasilitas kerja berbagai masalah harus dipertimbangkan karena setiap jenis peralatan kantor apapun fasilitas yang
tersedia mempunyai fungsi yang berbeda-beda, agar pemilihan fasilitas kerja tersebut dapat
meningkatkan produktivitas yang efektif
dan efisien.
Hal yang paling penting dalam memilih
fasilitas kantor memang sangat diperlukan,
mempercepat menyelesaikan pekerjaan dan mudah memeliharanya.
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa
peralatan kantor sangat diperlukan dalam membina prosedur dan tata kerja perusahaan,
mempermudah pekerjaan, menghemat waktu,
tenaga dan pikiran manusia dalam melakukan tugas-tugas rutin dan insidentil.
Biasanya peralatan kantor
dipergunakan suatu perusahaan untuk pekerjaan yang dikerjakan berulang-ulang dalam jumlah
banyak dan dalam bentuk serta ukuran
yang sama sehingga membuang waktu dan membosankan bagi orang yang mengerjakan karena memerlukan ketelitian untuk
mencegah terjadinya kesalahan maupun
kecelakaan kerja.
PT PLN (Persero) Wilayah Sumut
menggunakan fasilitas kantor antara lain:
komputer/laptop, telepon, mesin fax email, mesin foto copy dan lain-lain untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas
kerja dan ketepatan waktu pekerjaan tugas-tugas
karyawan.
Berdasarkan uraian diatas, maka
penulis memilih judul “Peranan Fasilitas Kerja Pada PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera
Utara”.
B. PERUMUSAN MASALAH Adapun
pembahasan masalah yang akan penulis kemukakan adalah “Bagaimana peranan fasilitas kerja pada PT.
PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara”.
C. TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN Tujuan
yang ingin tercapai dalam penulisan tugas akhir ini adalah: Untuk mengetahui
bagaimana peranan fasilitas kerja pada PT. PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara.
Penelitian ini diharapkan
bermanfaat bagi: 1. Bagi perusahaan,
memberikan bahan masukkan kepada perusahaan dalam mengatasi masalah tentang peranan fasilitas
kerja terhadap karyawan.
2. Bagi peneliti, memperkenalkan pada lingkungan
kerja yang sebenarnya serta menambah
pengetahuan dan wawasan berpikir mengenai jenis, cara dan proses peranan fasilitas kerja tersebut.
3. Bagi Peneliti selanjutnya, sebagai
pengetahuan tambahan yang mungkin dapat
berguna bagi yang membutuhkannya.
D. JADWAL KEGIATAN Riset dilakukan oleh
penulis dari tanggal 27 April s/d 30 April 2009 pada PT. PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara,
serta jadwal kegiatan dapat dilihat pada
Tabel 2.1. sebagai berikut: Tabel 2.1. Jadwal Kegiatan Minggu Ke-1 Minggu ke-2
Minggu Ke- Perencanaan Pengumpulan Data Pengetikkan E.
SISTEMATIKA PENULISAN BAB I. PENDAHULUAN Pada Bab ini peneliti akan membahas
latar belakang, perumusan masalah, tujuan
dan manfaat penelitian, jadwal kegiatan, serta sistematika penulisan.
BAB II. PROFIL PERUSAHAAN Pada
Bab ini akan membahs sejarah ringkas perusahaan, jenis usaha, struktur organisasi, uraian fungsi dan tugas
pokok, jaringan usaha, kinerja usaha terkini,
serta rencana kegiatan usaha.
BAB III. PEMBAHASAN Pada Bab ini
penulis akan membahas tentang peranan fasilitas kerja, produktivitas, faktor-faktor yang mempengaruhi
produktivitas kerja, serta membahas
tentang jenis-jenis fasilitas kerja yang ada pada PT. PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara.
BAB IV. KESIMPULAN DAN SARAN Pada
Bab ini penulis menyimpulkan isi dari pembahasan, serta memberi saran kepada perusahaan berkaitan dengan
peranan fasilitas kerja yang ada pada PT.
PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara.
Skripsi Secretary:Peranan Fasilitas Kerja Pada PT. PLN (Persero) Wilayah Sumatera
Download lengkap Versi PDF
