Contoh Skripsi Bidan Pendidik:Pengaruh Daun Sirih Terhadap Penanganan Keputihan Pada Remaja Putri

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kesehatan reproduksi adalah suatu keadaan sejahtera fisik, mental dan sosial secara utuh yang tidak semata-mata bebas dari penyakit atau kecacatan, dalam segala hal yang berhubungan dengan sistem reproduksi dan fungsifungsinya serta prosesnya (Widyastuti. 2010.hlm.58).
 Menurut Depkes RI, (2008), perawatan area genital sangat penting dalam memelihara kesehatan reproduksi dikalangan wanita, karena merupakan organ tubuh yang sensitif. Masalah kesehatan reproduksi wanita yang sering dijumpai salah satunya adalah keputihan. Keputihan merupakan gejala yang sering dialami oleh sebagian besar wanita. Gangguan ini merupakan masalah kedua setelah gangguan haid.

 Masalah keputihan dapat mengganggu penderita baik fisik maupun mental.
 Keputihan normal tidak memberi dampak bagi wanita karena hanya disebabkan oleh perubahan hormon. Keputihan yang memberi dampak adalah keputihan patologis yang disebabkan oleh infeksi pada vagina (jamur, bakteri, parasit, virus) sehingga perlu pengobatan segera (Prawirohardjo. 2011.hlm.114).
 Berdasarkan data penelitian tentang kesehatan reproduksi, didapatkan 75%, wanita di dunia pernah mengalami keputihan, paling tidak sekali seumur hidup dan 45% diantaranya bisa mengalami keputihan sebanyak dua kali atau lebih. Sedangkan wanita Eropa yang mengalami keputihan sebesar 25%. Pada remaja putri di Indonesia sekitar 70% pernah mengalami masalah keputihan (Bahari. 2012.hlm.9).

 Universitas Sumatera Utara Hasil data statistik Indonesia tahun 2009, menunjukkan jumlah remaja putri di Jawa Tengah yaitu 2,9 juta jiwa berusia 15-24 tahun 45% pernah mengalami keputihan dikarenakan berperilaku tidak sehat. Hasil penelitian yang dilakukan Dai’yah di SMU Negeri 2  pada tahun 2004 tentang kurangnya perawatan alat reproduksi bagian luar yang merupakan penyebab kejadian keputihan, dari 58 responden yang memiliki kategori baik 6,8% (4 orang), cukup 25,86% (15 orang), dan kategori kurang 67,24% (39 orang).

Contoh Skripsi Bidan Pendidik:Pengaruh Daun Sirih Terhadap Penanganan Keputihan Pada Remaja Putri
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.