Contoh Skripsi Akuntansi :Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Tingkat Bagi Hasil Deposito Mudharabah pada Bank Umum Syariah di Indonesia



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang  
Perbankan Syari’ah atau Bank Islam yang secara umum pengertian Bank Islam (IslamicBank) adalah bank yang pengoperasiannya disesuaikan denganprinsip syariat Islam. Berdasarkan Pasal1 Ayat(12) UUNo.21 Tahun 2008 tentangPerbankan, prinsip  hukum Islam dalam  kegiatan perbankan berdasarkan fatwa yang dikeluarkan  oleh  lembaga yang memiliki kewenangan dalam penetapan fatwa di bidang syariah.

Prinsip syariah adalah aturan perjanjian berdasarkanhukum Islam antara bank dan pihak lainuntuk penyimpanandana dan atau pembiayaan kegiatan usaha, atau kegiatan lainnya yang dinyatakan sesuai dengan syariah, antara lain pembiayaan berdasarkan prinsip bagi hasil (mudharabah), pembiayaan berdasarkan prinsip penyertaan modal  (musyarakah),  prinsip jual beli barang dengan memperoleh keuntungan  (murabahah),  atau pembiayaan barangmodal berdasarkan prinsip sewamurni tanpa pilihan (ijarah), atau dengan adanya pilihan pemindahan kepemilikan atas barang  yang disewa dari pihak bank olehpihak lain (ijarah waiqtina).
UU No.21 Tahun 2008 mengatur secara rinci mengenai landasan hukum serta  jenis-jenis usaha yang dapat dioperasikan dan diimplementasikan oleh bank syariah. UU  No.21 Tahun 2008  juga memberikan arahan bagi bank-bank konvensional untuk  membuka cabang syariah atau bahkan mengonversi diri secara total menjadi bank  syariah. Dengan demikian, pemberlakuan undang-undang ini memicu lahirnya bankbank syariah baru, baik dengan status bank umum maupun unit usaha syariah.
 2  Seiring berlakunya UU No 21 Tahun 2008  sebagai dasar hukum bagi  beroperasinya lembaga perbankan syariah, perkembangan perbankan syariah mengalami  kemajuan pesat. Hal ini dapat dilihat pada akhir 2013 dimana perbankan syariah  Indonesia telah menjadi perbankan syariah dengan ritel terbesar di dunia yang memiliki  17,3 juta nasabah, 2.990 kantor bank, dan 1.267 layanan syariah yang didukung oleh 43  ribu karyawan. Pekembangan ini banyak dipengaruhi tingginya permintaan dari  masyarakat yang mulai tertarik dengan sistem perbankan syariah sebagai alternatif  pembiayaan bisnis. Selain itu juga dikarenakan syariah tidak begitu terpengaruh oleh  kondisi global sehingga lebih tahan terhadap krisis keuangan global. Hal ini dapat  dilihat pada tahun 2011 kinerja perbankan syariah menunjukkan perkembangan yang  positif, meskipun ditengah kondisi keuangan global yang belum membaik. Hal ini  terjadi karena secara teoritis, sistem perbankan dan keuangan Islam didasarkan pada  prinsip-prinsip syariah yang  mempromosikan kesetaraan, keadilan dan transparansi  dalam semua transaksi. Sesuai amanat UU No.21 Tahun 2008, perbankan syariah  menjalankan fungsi utama, yaitu menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat dalam  rangka menunjang pelaksanaan pembangunan nasional. Selain itu, perbankan syariah  juga melakukan fungsi sosial dalam bentuk lembaga baitul maal, yaitu menerima dana  yang berasal dari zakat, infak, sedekah, hibah, atau dana sosial lainnya dan  menyalurkannya kepada organisasi pengelola zakat.


Contoh Skripsi Akuntansi :Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Tingkat Bagi Hasil Deposito Mudharabah pada Bank Umum Syariah di Indonesia
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.