Contoh Skripsi Economic Development:Analisis Keterkaitan Produktivitas Pertanian Dan Impor Beras di Indonesia



BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang  
Indonesia merupakan negara pertanian, dimana pertanian merupakan  sektor yang memegang peranan penting dari keseluruhan perekonomian nasional.
Hal ini ditunjukkan dari banyaknya penduduk atau tenaga kerja yang bekerja pada  sektor pertanian dan bagaimana sektor pertanian tersebut mempengaruhi laju  pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Kemampuan sektor pertanian dalam  memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat yang cenderung meningkat dikaitkan  dengan sistem produktivitas yang dilakukan. Menurut Apriyantono (2007), sektor  pertanian adalah sektor yang memiliki peran penting dalam pembangunan  nasional diantaranya sebagai penyerap tenaga kerja, kontribusi terhadap Produk  Domestik Bruto (PDB), kontribusi penyediaan pangan, penyedia bahan baku  industri, kontribusi dalam bentuk kapital, dan sumber devisa suatu negara.

Pembangunan pertanian diharapkan mampu meningkatkan akses masyarakat tani  pada faktor produksi diantaranya sumber modal, teknologi, bibit unggul, pupuk,  dan sistem distribusi, sehingga  berdampak langsung dalam meningkatkan  kesejahteraan petani.
Tanaman utama pertanian di Indonesia adalah padi. Padi merupakan  tanaman yang penting bagi konsumsi masyarakat Indonesia, karena dari padi  menghasilkan nasi yang merupakan makanan pokok sebagian besar penduduk  Indonesia. Tanaman padi merupakan tanaman pangan yang banyak dibudidayakan  oleh pertani di Indonesia, dimana kenaikan terbesar produksi beras terjadi pada   tahun 1979-1983 sebesar 6,71 persen. Kenaikan produksi beras ini dipengaruhi  oleh beberapa faktor, antara lain dilakukannya intensifikasi khs yang dimulai  pada musim tanam dan pengenalan teknologi baru bagi para petani dalam caracara pengolahan lahan. Penyuluhan secara gencar dan intensif dilakukan juga  melalui berbagai media masa sebagai upaya peningkatan produksi beras, sehingga  pertumbuhan subsektor tanaman pangan khsnya beras mengalami peningkatan  pesat dan pada tahun 1984, dimana Indonesia dapat melakukan swasembada beras  dan merupakan negara pengekspor beras terbesar.


Contoh Skripsi Economic Development:Analisis Keterkaitan Produktivitas Pertanian Dan Impor Beras di Indonesia
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.