Contoh Skripsi Hukum Umum:Perlindungan Hukum Tentang Kekayaan Intelektual Terhadap Produk Farmasi



BAB I
P E N D A H U L U A N
A. Latar Belakang
Tersedianya obat-obatan yang berkualitas, manjur, dan murah sangat  diperlukan oleh masyarakat di negara manapun. Obat-obatan yang berkualitas  baik diproduksi melalui penelitian yang lama dan mahal serta melalui fase  pengembangan. Dengan menggunakan sistem hak kekayaan intelektual dalam  farmasi, terutama paten, merek, dan rahasia dagang, kegiatan riset dan  pengembangan untuk obat-obatan baru dapat ditingkatkan. Akan tetapi,  pemanfaatan sistem hak kekayaan intelektual di dalm industri farmasi di  Indonesia belum digunakan secara optimal.

Pemerintah punya kewajiban untuk melindungi masyarakatnya dan  menjamin keselamatan mereka, kemujaraban, dan kualitas obat-obatan yang  dikonsumsi oleh mereka. Kewajiban ini diatur di dalam prosedur registrasi  obat-obatan sebelum dilempar ke pasar. Pemerintah juga  mengimplementasikan peraturan yang ketat untuk registrasi obat-obatan  dimana industri mempunyai kewajiban untuk memasukkan data yang lengkap  dan detail mengenai obat tersebut, yang mana akan diregistrasi untuk  mendapatkan izin pemasaran. Situasi ini menimbulkan keresahan menyangkut  perlindungan data dari perusahaan farmasi tersebut, dimana data tersebut harus  dilampirkan untuk keperluan registrasi.
1   Di beberapa negara, keresahan ini telah memunculkan masalah-masalah  hukum. Contoh yang menarik dari permasalahan hukum menyangkut  kerahasiaan data ini adalah pada Kasus Monsanto di Amerika Serikat dan  Kasus Bayer  di Kanada. Dalam dua kasus itu, pendaftar pertama  mempermasalahkan pengunaan data yang telah dikirimkan kepada otoritas  registrasi. Data tersebut digunakan oleh otoritas registrasi sebagai pembanding  untuk menyetujui aplikasi lainnya. Dalam Kasus Monsanto, Amerika Serikat  sudah mempunyai regulasi yang jelas mengenai registrasi data ini, yang  ditentukan oleh Federal Insecticide, Fungicide and Rodenticide Act (FIFRA).
 Ketidak  efektifan ini disebabkan karena tidak adanya ketentuan di  dalam Hukum Rahasia Dagang yang mengatur penyingkapan dari data rahasia  dan transfer data tersebut untuk otoritas pemerintahan, juga sebagai  pengecualian agar tidak kehilangan sifat kerahasaiaan data tersebut. Lebih  lanjut tidak ada peraturan yang berkaitan dengan yang menjelaskan kewajiban  Di Indonesia, pemerintah dan otoritas registrasi menganggap Hukum  Rahasia Dagang (UU No. 30 Tahun 2000 tentang Rahasia Dagang) telah  memberikan perlindungan yang memadai untuk melindungi data-data tersebut.


Contoh Skripsi Hukum Umum:Perlindungan Hukum Tentang Kekayaan Intelektual Terhadap Produk Farmasi
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.