Contoh Skripsi Hukum Pidana:Tindakan Penyadapan Badan Intelijen Negara Terhadap Orang Yang Sebagai Permulaan Diduga Melakukan Kegiatan Terorisme



BAB I  
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang  
UUD 1945, jelas mengatur bahwa Negara harus menjunjung tinggi dan  mengakui HAM sebagai hak yang tertinggi yang dimiliki oleh manusia. Salah satu  yang termasuk dalam HAM adalah hak untuk tidak diperlakukan semena-mena  oleh negara. Apabila terjadi perlakuan yang semena-mena oleh negara terhadap  warga negaranya, maka negara dalam hal ini sebagai pejabat publik, sudah  melakukan perbuatan melawan hukum (wederrechtellijkmatigheid).
 Pasal 1 ayat (3) UUD 1945 menyebutkan bahwa Indonesia adalah negara  hukum yang mengedepankan Kepastian Hukum dan Hak Azasi Manusia.

 Mengedepankan Kepastian Hukum dan Hak Azasi Manusia jelas menganut asas  Equality before the law (asas persamaan kedudukan di dalam hukum). Ketentuan  mengenai HAM dalam UUD 1945 terdapat dalam bab X Pasal 28-28 J UUD  1945. Hal ini terlihat dalam Pasal 28 D ayat (1) UUD 1945 dinyatakan bahwa  setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum  yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum.
 Salah satu bentuk kepastian hukum itu adalah tindakan penyadapan yang  dilakukan dengan tidak semena-mena oleh aparat negara terhadap orang yang  belum jelas diketahui akan melakukan tindak pidana. Hal ini dikarenakan akan  bertentangan dengan Pasal 1 ayat (3) UUD 1945, Pasal 28-28 J UUD 1945 dan  juga pasal 1 ayat (1) KUHP yang menganut asas legalitas (Nullum delictum nulla  poena sine prevea lege poenali). Kepastian Hukum yang terdapat dalam pasal 1  ayat (1) KUHP ditunjukkan dalam tujuan dari asas tersebut yaitu :  1. Menegakkan kepastian hukum.
 2. Mencegah kesewenang-wenangan penguasa.
 Berdasarkan tujuan dari asas legalitas diatas, maka dalam melaksanakan  penyadapan, negara harus memperhatikan aspek-aspek hukum yang terkait  sehingga tidak adanya pelanggaran HAM. Penyadapan dalam hal ini bisa saja  dalam bentuk apapun. Akibat yang ditimbulkan oleh penyadapan ini dapat secara  langsung ataupun tidak langsung merugikan dan menggangu kebebasan orang  lain. Maka dalam hal ini, diperlukan kejelasan negara dalam memberikan dasar  hukum dilaksanakannya penyadapan harus sesuai dengan peraturan perundangundangan yang mengaturnya.


Contoh Skripsi Hukum Pidana:Tindakan Penyadapan Badan Intelijen Negara Terhadap Orang Yang Sebagai Permulaan Diduga Melakukan Kegiatan Terorisme
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.