Contoh Skripsi Hukum Pidana:Pola Pendampingan Dalam Memberikan Bantuan Hukum Terhadap Tindak Pidana Yang Dilakukan Anak Dalam Proses Pemeriksaan Dalam Tingkat Penyidikan



 BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang  
Anak adalah bagian dari generasi muda sebagai salah satu sumber daya  manusia yang merupakan potensi dan penerus cita-cita perjuangan bangsa di masa  yang akan datang, yang memiliki peran strategis dan mempunyai ciri dan sifat  khs, memerlukan pembinaan dan perlindungan dalam rangka menjamin  pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental, dan sosial secara seimbang.
 Secara hukum negara Indonesia telah memberikan perlindungan kepada  anak melalaui berbagai peraturan perundang-undangan di antaranya UU Nomor.3  Tahun 1997 tentang Pengadilan Anak, UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak  Asasi Manusia dan UU Nomor.23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Akan  tetapi dalam pelaksanaannya sistem peradilan pidana anak di Indonesia masih  menghadapi berbagai persoalan. Persoalan yang ada diantaranya dilakukannya  penahanan terhadap anak, proses peradilan yang panjang mulai dari penyidikan,  penuntutan, pengadilan, yang pada akhirnyamenempatkan terpidana anak berada  dalam lembaga pemasyarakatan yang meninggalkan trauma dan implikasi negatif  terhadap anak.

  Perlindungan anak diusahakan oleh setiap orang baik orang tua, keluarga,  masyarakat, pemerintah maupun negarara. Pasal 20 Undang-Undang No. 23  Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menentukan: “Negara, pemerintah,                                                               
 Marlina, Peradilan Pidana Anak di Indonesia Pengembngan Konsep Diversi dan Restorative  Justice,cet.Pertama,PT Refika Aditama,,2009,hal.1           masyarakat, keluarga, dan orang tua berkewajiban dan bertanggung jawab  terhadap penyelenggaraanperlindungan anak.”   Aspek hukum perlindungan anak perlu diperhatikan karena perlindungan  hukum terhadap anak dan peradilan pidana anak merupakan salah satu cara  melindungi anak dalam pertumbuhannya di masa depan. Perlindungan hukum,  dalam hal ini, mengandung pengertian perlindungan anak berdasarkan ketentuan  yang berlaku ( yang mengatur tentang Peradilan Pidana Anak ), baik sebagai  tersangka, terdakwa, terpidana/narapidana.
 Secara khs ketentuan yang mengatur masalah hukum pidana anak,  ditetapkan dalam undang-undang Nomor 3 Tahun 1997 tentang Pengadilan Anak.
Dibentuknya undang-undang tentang Pengadilan Anak, antara lain karena disadari  bahwa walaupun kenakalan anak merupakan perbuatan anti sosial yang dapat  meresahkan masyarakat, namun hal tersebutdiakui sebagai suatu gejala umum  yang harus diterima sebagai fakta sosial.


Contoh Skripsi Hukum Pidana:Pola Pendampingan Dalam Memberikan Bantuan Hukum Terhadap Tindak Pidana Yang Dilakukan Anak Dalam Proses Pemeriksaan Dalam Tingkat Penyidikan
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.