Contoh Skripsi Hukum Pidana:Kebijakan Hukum Pidana Dalam Penanggulangan Tindak Pidana Narkotika Dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika



BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang  
Hukum merupakan alat rekayasa sosial. Hal ini berarti hukum bisa berfungsi  untuk mengendalikan masyarakat dan bisa juga menjadi sarana untuk melakukan  perubahan-perubahan dalam masyarakat.
 Hukum bersifat terbuka berarti hukum harus selalu peka dan berinteraksi  dengan lingkungan sosial sehingga terjadi pertukaran informasi antara hukum dengan  lingkungan sosial tersebut.Dengan demikian, disamping hukum merupakan suatu  institusi normatif yang memberikan pengaruhnya terhadap lingkungannya, ia juga  menerima pengaruh serta dampak dari lingkungannya tersebut.
Untuk menjalankan fungsi hukum sebagai  alat rekayasa sosial tersebut maka hukum harus bersifat terbuka terhadap dinamika  sosial yang terjadi dalam masyarakat.

 Keterbukaan hukum terhadap lingkungan sosial tersebut bertujuan agar  hukum selalu efektif dan efisien dalam menyikapi setiap perubahan sosial yang  terjadi dalam masyarakat mengingat sifat masyarakat yang senantiasa dinamis akibat  adanya interaksi sosial dalam rangka memenuhi kebutuhan masing-masing individu.
Dengan keterbukaan tadi, diharapkan hukum dapat mengimbangi perubahan sosial  tersebut.
 Satjipto Rahardjo, Ilmu Hukum,(Bandung: Citra Aditya Bakti, 2010) hal.
 Ibid.
 Namun kenyataan yang sering terjadi adalah hukum seringkali tertinggal dari  kejadian sosial dalam masyarakat.Tertinggalnya hukum dari dinamika masyarakat  juga dinyatakan oleh R.Soeroso melalui uraiannya tentang pekerjaan pembuatan  undang-undang yang meliputi 2 (dua) aspek yaitu :  -  Pembuat undang-undang hanya menerapkan aturan-aturan umum saja:  pertimbangan-pertimbangan tentang hal konkret diserahkan kepada hakim.
-  Pembuat undang-undang selalu ketinggalan dengan kejadian-kejadian sosial  yang timbul di kemudian di dalam masyarakat, maka hakim sering menambah  undang-undang itu.
Ketertinggalan hukum dari kejadian yang timbul dalam masyarakat akan  menimbulkan suatu kesenjangan.Kesenjangan tersebut lama-kelamaan akan  mempengaruhi tingkah laku dan kesadaran hukum anggota-anggota masyarakat.


Contoh Skripsi Hukum Pidana:Kebijakan Hukum Pidana Dalam Penanggulangan Tindak Pidana Narkotika Dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.