Contoh Skripsi Computer Science:Sistem Pakar Mendiagnosa Gangguan Kelenjar Tiroid Menggunakan Metode Forward Chaining dan Dempster Shafer Berbasis Android

BAB  1
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Kelenjar tiroid atau yang biasa dikenal sebagai kelenjar gondok adalah kelenjar kecil berbentuk kupu-kupu yang terdapat di leher bagian tengah. Tugas utama dari kelenjar tiroid ini adalah membuat dan menyalurkan hormon tiroid keseluruh tubuh. Hormon ini merupakan salah satu pengatur utama metabolisme tubuh. Itulah sebabnya mengapa dibutuhkan jumlah hormon yang cukup dan secara terus-menerus untuk menjaga keseimbangan kita. Dalam keadaan hormon tidak memenuhi kebutuhan atau hipotiroidisme (kekurangan), metabolisme tubuh akan menurun. Sebaliknya hormon yang berlebihan atau hipertiroidisme (kelebihan) akan mengakibatkan peningkatan metabolisme tubuh.

Meskipun berfungsi vital dalam mengatur metabolise tubuh. Kelenjar tiroid jarang diperbincangkan dan belum mendapat perhatian khs bagi masyarakat.
Gejala gangguan kelenjar ini juga samar-samar. Tak mengherankan banyak yang tidak menyadari mengalami gangguan kelenjar tiroid atau malah mengira terkena penyakit lain, karena gangguan kelenjar tiroid umumnya memiliki gejala yang beragam, mulai dari jantung berdebar hingga perubahan berat badan. Tak jarang seseorang dengan gangguan kelenjar tiroid kadang-kadang berkonsultasi ke berbagai dokter sebelum akhirnya mengetahui memiliki gangguan kelenjar tiroid. Hal ini tentu sangat merugikan.
Menurut Prof. DR. dr. H. Achmad Rudijanto, SpPD KEMD FINASIM, Ketua Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) di sela-sela Asia And Ocenia Thyroid Association Congress (AOTA) di Kuta Bali Minggu (21/10/2012), “Saat ini tiroid menempati urutan kedua daftar penyakit endokrin setelah diabetes. Sebesar 10%–20% pasien endokrin menderita gangguan tiroid”. Gangguan kelenjar tiroid kerap tidak disadari karena tidak ada gejala khs. Jika tidak terdeteksi dan ditangani sejak dini kelainan kelenjar tiroid dapat menurunkan produktivitas dan kualitas hidup, jika dibiarkan dapat menyebapkan komplikasi kronis. Karena itu masyarakat perlu mewaspadai kelainan kelenjar tiroid.
Minimnya pengetahuan masyarakat akan gejala dan kelainan kelenjar tiroid memotivasi penulis untuk membuat sebuah sistem pakar yang dapat digunakan untuk mediagnosa kelainan-kelainan pada kelenjar tiroid. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat memberikan informasi yang cukup untuk penanganan dini kelainankelainan kelenjar tiroid sehingga bisa segera disembuhkan.

Kemampuan sistem pakar tersebut diperoleh dengan implementasi suatu algoritma yang akan ditentukan oleh kinerja algoritma itu sendiri. Terdapat sejumlah algoritma yang dapat diimplementasikan pada suatu sistem pakar yang akan berpengaruh terhadap kemampuan sistem pakar tersebut dalam memberikan solusi yang terbaik. Diantaranya adalah algoritma forward chaining dan dempster shafer.

Contoh Skripsi Computer Science:Sistem Pakar Mendiagnosa Gangguan Kelenjar Tiroid Menggunakan Metode Forward Chaining dan Dempster Shafer Berbasis Android
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.