Contoh Skripsi Civil Engineering:Perbandingan Biaya dan Produktivitas Pekerja Antara Shift Pagi dan Shift Malam pada Proyek Pembangunan Gedung The Manhattan



BAB I
PENDAHULUAN
I.1  Latar Belakang  
Sekarang ini,  pihak pemerintahan maupun pihak swasta telah banyak  membangun proyek-proyek besar dan keterlambatan proyek pun  tidak dapat  terhindarkan sehingga harus dilakukan percepatan proyek.
Hal yang umum terjadi dalam tahap pelaksanaan pekerjaan konstruksi  adalah keterlambatan waktu pekerjaan yang dilaksanakan terhadap waktu yang  tercantum dalam jadwal yang telah direncanakan sebelumnya. Keterlambatan  proyek menjadi kontribusi utama bagi pembengkakan biaya proyek.

Keterlambatan pekerjaan terjadi diakibatkan oleh berbagai faktor, seperti  buruknya manajemen yang diterapkan oleh kontraktor yang bertanggung jawab  terhadap proyek tersebut, faktor alam, faktor kesalahan estiasi, dan faktor-faktor  penyebab lainnya. Jenis faktor penyebab keterlambatan proyek dipengaruhi oleh  lokasi dimana proyek tersebut dilaksanakan karena berhubungan langsung dengan  akses, ketersediaan material, dan kondisi geografis dari lokasi proyek tersebut  (Ryan Ariefasa, 2011).
 Untuk menghindari keterlambatan atau untuk mencapai waktu yang telah  direncanakan, maka diperlukan sistem manajemen yang baik. Salah satu cara  adalah adalah dengan menggunakan shift kerja. Secara umum yang dimaksud  dengan shift kerja adalah semua pengaturan jam kerja, sebagai pengganti atau  Universitas Sumatera Utara 2  tambahan kerja siang hari sebagaimana yang biasa dilakukan. Namun demikian  adapula definisi yang lebih operasional dengan menyebutkan jenis shift kerja  tersebut. Shift  kerja disebutkan sebagai pekerjaan yang secara permanen atau  sering pada jam kerja yang tidak teratur (Kuswadji, 1997).
Pergantian shift yang normal 8 jam/shift.Shift kerja yang dilaksanakan 24  jam termasuk hari Minggu dan hari libur memerlukan 4 regu kerja. Regu ini  dikenal dengan regu kerja terus-menerus (3x8) (ILO, 1983).
Menurut Fish yang dikutip oleh Hery Firdaus (2005) mengemukakan  bahwa salah satu efek shift kerja yang dapat dirasakan antara lain : 1. Efek fisiologis  a. Kualitas tidur : tidur siang tidak seefektif tidur malam, banyak gangguan  dan biasanya dipelukan waktu istirahat untuk menebus kurang tidur selama kerja  malam.


Contoh Skripsi Civil Engineering:Perbandingan Biaya dan Produktivitas Pekerja Antara Shift Pagi dan Shift Malam pada Proyek Pembangunan Gedung The Manhattan
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.