Contoh Skripsi Civil Engineering:Evaluasi Struktur Atas Jembatan Gantung Pejalan Kaki Di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi



BAB I
PENDAHULUAN
I.1  Latar Belakang
Jembatan adalah suatu struktur konstruksi yang memungkinkan route transfortasi melalui sungai, danau, kali, jalan raya, jalan kereta api dan lain-lain.
Dengan adanya jembatan,  waktu tempuh serta biaya transportasi untuk  menjangkau daerah yang terpisah tersebut dapat diminimalisir. Oleh sebab itu  jembatan memiliki multifungsi yang sangat penting dalam suatu lingkup  masyarakat. Jika jembatan tersebut runtuh maka akan menghambat aktivitas  masyarakat dan bahkan dapat melumpuhkan perekonomian di wilayah tersebut.

Jembatan gantung pejalan kaki merupakan salah satu jenis jembatan yang  banyak digunakan sebagai penghubung antar desa. Jembatan gantung pejalan kaki  memiliki keistimewaan strukturnya yang ringan dan fleksibel serta memiliki  kekuatan yang cukup baik. Keistimewaan yang lain dari jembatan gantung pejalan  kaki adalah dapat dibuat dengan bentangan yang lebih panjang tanpa harus  membangun pilar ditengah bentangnya sehingga menghasilkan biaya yang lebih  murah jika dibandingkan dengan jenis jembatan konvensional baja atau beton.
Namun, pada hakikatnya segala sesuatu tidak ada yang kekal abadi, suatu  struktur apabila dibebani terus menerus akan mengalami kelelahan atau (fatigue)  tidak terkecuali pada struktur jembatan gantung pejalan kaki. Ditambah dengan  meningkatnya perekenomian suatu daerah maka beban lalu lintas yang diterima  jembatanakan semakin meningkat.  Maka dari itu berdasarkan peraturan dari  Bridge Manageman System (BMS)(1993) pemeriksaan jembatan harus dilakukan  secara berkala untuk meyakinkan jembatan masih berfungsi secara aman.
 Pemeriksaan rutin dilakukan setahun sekali untuk mengetahui apakah  pemeliharaan rutin terhadap jembatan dilakukan dengan baik atau tidak.
Sementara itu pemeriksaan detail dilakukan paling sedikit sekali dalam 5 tahun  untuk mengetahui kondisi jembatan dengan mendata semua jenis kerusakan pada  elemen-elemennya agar dapat dipersiapkan strategi penanganan yang harus  dilakukan pada jembatan tersebut.
Jembatan gantung pejalan kaki di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayur  Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan, berada sekitar + 468 km dari kota ,  atau dengan jalan lintas sumatera harus menempuh perjalanan selama 11 jam.
Jembatan tersebut telah berdiri dari tahun1980an. Namun jembatan tersebut belum  pernah menerapkan strategi BMS. Sehingga prosedur-prosedur pemeriksaan dan  pemeliharaan jembatan yang seharusnya dilakukan secara berskala tidak pernah  dilakukan. Gambar 1.1 dan gambar 1.2 adalah lokasi  jembatan gantung pejalan  kaki di Desa Aek Libung, Tapanuli Selatan yang akan dibahas dalam tugas akhir  ini.


Contoh Skripsi Civil Engineering:Evaluasi Struktur Atas Jembatan Gantung Pejalan Kaki Di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.