Contoh Skripsi Akuntansi:Analisis Pengaruh Free Cash Flow, Struktur Aset Dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Hutang Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia



BAB 1  
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Industri manufaktur merupakan industri yang mendominasi perusahaan – perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).  Lebih dari 40%  perusahaan yang listed    di BEI adalah industri  manufaktur. Melihat kondisi  tersebut, pastinya akan menciptakan persaingan yang ketat, dan masing-masing  perusahaan akan semakin meningkatkan kinerja agar tujuannya dapat tetap  tercapai.

 Tujuan utama  perusahaan yang telah go public adalah meningkatkan  kemakmuran pemilik atau para pemegang saham melalui peningkatan nilai  perusahaan (Sjahrial, 2007 : 12). Tujuan lain dari perusahaan yaitu mendapatkan  laba dari tahun ke tahun serta menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Berkaitan  dengan kelangsungan hidup perusahaan tersebut, salah satu keputusan yang  dihadapi oleh manajer adalah keputusan pendanaan. Keputusan pendanaan yaitu  suatu keputusan keuangan yang berkaitan dengan komposisi keuangan dan  hutang, namun didalam menentukan kebijakan pendanaan ini sering kali terjadi  konflik kepentingan antara pemegang saham (principal) dan manajer (agent) yang  disebut dengan konflik keagenan  (agency conflict).  Konflik keduanya akan  muncul ketika manajer memiliki kepentingan yang berbeda dari pemegang saham.
 Pemegang saham ingin agar keputusan manajer adalah untuk memaksimalkan  kekayaan mereka, tetapi terkadang manajer berperilaku untuk  mengambil  keuntungan pribadinya, untuk meminimalkan konflik keagenan (agency conflict)   antara manajer dan pemegang saham maka dibutuhkan suatu mekanisme  pengawasan yang dapat mensejajarkan kepentingan pihak-pihak terkait  (Wahidahwati, 2002). Namun, adanya mekanisme pengawasan itu menyebabkan  munculnya biaya yang disebut agency cost. Menurut Bringham dkk. (1990 dalam  Indahningrum dan Handayani,  2009  : 190) “agency cost adalah biaya yang  meliputi semua biaya untuk monitoring tindakan manajer, mencegah tingkah laku  manajer yang tidak dikehendaki dan opportunity cost akibat pembatasan yang  dilakukan pemegang saham terhadap tindakan manajer”.
 Salah satu obyek yang memungkinkan terjadinya perbedaan kepentingan  adalah penggunaan  free cash flow.  Free cash flow merupakan kas lebih  perusahaan yang dapat didistribusikan kepada kreditor atau pemegang saham  yang tidak digunakan untuk operasi atau investasi. Pemegang saham  menginginkan kelebihan dana  tersebut dibagikan untuk meningkatkan  kesejahteraan mereka, sedangkan manajer berkeinginan menggunakan kelebihan  dana yang ada untuk investasi pada proyek-proyek yang menguntungkan karena  pada masa yang akan datang akan menambah insentif bagi manajer. Yang  ditakutkan terhadap penggunaan kas yang berlebih (free cash flow) akan berujung  kepada pengambilan keputusan investasi yang salah atau kepentingan lain yang  menyimpang oleh manajer (fraud)  sehingga mengakibatkan kerugian bagi  perusahaan dan secara tidak langsung mengurangi earnings pemegang saham.


Contoh Skripsi Akuntansi:Analisis Pengaruh Free Cash Flow, Struktur Aset Dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Hutang Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.