Contoh Skripsi Civil Engineering:Analisis Debit Banjir Rancangan Sungai Babura



BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Umum  
Daerah aliran sungai adalah suatu wilayah daratan yang merupakan satu  kesatuan dengan sungai dan anak anak sungai, yang berfungsi menampung,  menyimpan, dan mengalirkan air yang berasal dari curah hujan ke danau atau ke laut  secara alamiah yang batas di darat merupakan pemisah topografi dan batas di laut  sampai dengan daerah perairan yang masih terpengaruh aktivitas daratan (Peraturan  Pemerintah Republik Indonesia Nomor 42 tahun 2008, tentang pengelolaan sumber  daya air).

Daerah Aliran Sungai (watershed) atau river basin, selanjutnya akan disebut  dengan DAS, mengenal pendekatan satu sungai (one river), satu rencana (one plan) dan satu pengelolaan (and one integrated management)  yang perlu diwujudkan  secara nyata (Sjarief, 2008). Menurut undang undang Republik Indonesia Nomor 7  tahun 2004, tentang sumber daya air, daerah aliran sungai adalah suatu wilayah  daratan yang merupakan satu kesatuan dengan sungai dan anak-anak sungainya, yang  berfungsi menampung, menyimpan dan mengalirkan air yang berasal dari curah  hujan ke danau atau ke laut secara alami, yang batas di darat merupakan pemisah  topografis dan batas di laut sampai dengan daerah perairan yang masih terpengaruh  aktivitas daratan. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonsia (KBBI), daerah  aliran sungai adalah daerah sekitar sungai, yang melebar sampai ke punggung bukit  (gunung) yg merupakan daerah sumber air, tempat semua curahan air hujan yg jatuh  di atasnya mengalir ke dalamsungai.
Sungai merupakan unsur alam yang sangat berperan aktif dalam membentuk  corak kebudayaan suatu bangsa. Ketersediaan airnya, lembahnya yang subur dan  potensinya menarik perhatian manusia untuk bermukim di sekitarnya. Kehidupan  sehari-hari mereka tidak terlepas dari memanfaatkan sungai tersebut dengan berbagai  konsekuensi yang harus mereka terima terhadap apa yang diambil dan dibuangnya ke  sungai tersebut. Akan tetapi kesadaran selalu datang terlambat, manusia  melakukannya secara tidak bersahabat, sehingga timbul dampak yang akan    merugikan seperti bahaya banjir dan sebagainya. Seperti halnya unsur-unsur alam  yang lain, segala tindakan terhadapnya akan menimbulkan dampak perubahan sifat  dan keadaan sebagai penyesuaian terhadap perlakuan apa yang diterimanya.
(Mulyanto, 2007).


Contoh Skripsi Civil Engineering:Analisis Debit Banjir Rancangan Sungai Babura
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.