Contoh Skripsi Civil Engineering:Evaluasi Mekanistik Desain Perkerasan Lentur Bina Marga Nomor 02MBm2013 Terhadap Pembebanan Dan Modulus Lapisan



BAB I
PENDAHULUAN
I.1. Umum
Manusia  sebagai  makhluk  sosial  tidak  dapat  hidup  dengan  memisahkan diri  dari  manusia  lainnya.  Untuk  memenuhi  kebutuhan  akan  kepentingannya manusia  perlu berkomunikasi  dan  bertransaksi  dengan  manusia  lainnya.  Agar dapat  berkomunikasi  dan  bertransaksi  manusia  membutuhkan  sarana  dan prasarana  agar  dapat  berpindah  maupun  memindahkan,  dari  suatu  tempat ketempat  lain. 
Kegiatan  perpindahan  orang  dan  barang  dari  satu  tempat  asal  ke tempat  tujuan  dengan  menggunakan  sarana  dinamakan  transportasi  (Warpani 2002).
Sarana transportasi merupakan alat  yang digunakan untuk berpindah dan memindahkan dari suatu tempat ke tempat lain. Sarana transportasi biasa disebut moda  transportasi  yaitu  kerdaraan  baik darat, laut  maupun  udara,  sedangkan prasarana  transportasi  merupakan segala  sesuatu  yang  dapat  menunjang  modamoda  transportasi  agar  dapat  melayani  kegiatan  transportasi  dengan  baik.
Prasarana  mencakup  jalur,  serta  komponen pendukung  lainnya seperti ramburambu lalulintas. Tanpa prasarana yang baik moda transportasi tidak dapat bekerja maksimal.
Saat  ini  di  Indonesia  sedang  dilakukan  pembangunan  di  segala  bidang, salah  satunya  pembangunan  prasarana  transportasi  darat  yaitu  jalan  raya.
Konstruksi  perkerasan  jalan  saat  ini  umumnya  ada  dua  jenis  yaitu  perkerasan lentur (flexible pavement) dan perkerasan kaku (rigid pavement). Setiap tahunnya  jumlah jalan  yang di bangun dan diperbaiki semakin meningkat seiring dengan pesatnya pertumbuhan penduduk yang menuntut akan aksesbilitas yang baik yang nyaman dan aman dalam bertransportasi.
I.2 Latar Belakang
Komponen yang utama pada jaringan jalan adalah pada bagian perkerasan.
Perkerasan  berfungsi  untuk  melindungi  tanah   dasar  (subgrade) dan  lapisan pembentuk  perkerasan  supaya  tidak  mengalami  tegangan  dan  renggangan  yang berlebihan  oleh  akkibat  beban  lalulintas.  Perkerasan  merupakan  struktur  yang diletakkan pada tanah dasar yang memisahkan antara ban kendaraan dengan tanah dasar yang berada di bawahnya.
[3] Beban  yang  bekerja  pada  suatu  struktur  perkerasan  sewajarnya  dan seharusnya  sesuai  dengan  beban  rencana  pada  saat  perkerasan  itu  didesain. Di Indonesia metode yang digunakan untuk merencanakan perkerasan lentur adalah metode yang  bersumber  dari  AASHTO,  sampai  akhirnya diadopsi  dan dikeluarkan Pedoman Desain Perencanaan Perkerasan Lentur Pd T-01-2002 oleh Direktorat Jendral Bina Marga dan pada tahun 2013 dikeluarkan Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM/2013 sebagai penyempurna.


Contoh Skripsi Civil Engineering:Evaluasi Mekanistik Desain Perkerasan Lentur Bina Marga Nomor 02MBm2013 Terhadap Pembebanan Dan Modulus Lapisan
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.