Contoh Skripsi Farmasi:Uji Efek Terapeutik Dari Ekstrak Etanol Daun Dandang Gendis (Clinacanthus nutans (Burm.f.) Lindau) Sebagai Diuretik Pada Tikus Putih Jantan



BAB I  
PENDAHULUAN  
1.1 Latar Belakang  
Indonesia sangat kaya dengan berbagai spesies flora yaitu dari 40.000 jenis  flora yang tumbuh di dunia, sekitar 30.000 tumbuh di Indonesia. Ada yang  dibudidayakan dan ada yang masih tumbuh liar di hutan, dari yang telah  dibudidayakan, lebih dari 940 jenis digunakan sebagai obat tradisional. Tumbuhan  berkhasiat obat yang banyak dijumpai disekitar masyarakat, ada yang berupa  bumbu dapur , tanaman hias, tanaman sayuran, dan tanaman obat. Selain itu  berupa tanaman liar dan tumbuh di sembarang tempat tanpa ada yang  memperhatikan (Anonim,2005).

Obat tradisional adalah bahan atauramuan bahan yang berasal dari  tumbuh- tumbuhan, hewan, mineral, sediaan sarian (galenik) atau campuran dari  bahan tersebut yang secara turun – temurun telah digunakan untuk pengobatan  berdasarkan pengalaman (Ditjen POM,2000).
Sejak zaman dahulu masyarakat Indonesia mengenal dan memakai  tanaman obat untuk mengobati berbagai penyakit sebagai salah satu upaya dalam  penanggulangan masalah kesehatan sebelum pelayanan kesehatan formal  menyentuh masyarakat. Pelayanan kesehatan formal biasanya menggunakan obat  – obatan kimia, dan ketika obat kimia ditemukan, maka bahan obat alami (obat  tradisional) tersebut mulai tersisih. Padahal bahan alami mengandung berbagai   kelebihan diantaranya mudah diperoleh, harganya murah karena bisa ditanam  sendiri dan relatif tanpa efek samping dibanding obat modern. Hal ini disebabkan  oleh efek dari obat tradisional yang bersifat alamiah, tidak sekeras dari obat –  obatan kimia (Wijayakma,1996).
Salah satu tumbuhan yang berkhasiatobat yang sedang dikembangkan  akhir – akhir ini adalah tumbuhan dandang gendis (Clinacanthus nutans(Burm.f.)  Lindau), famili Acanthaceae, yang dikenal dengan nama ki tajam (Sunda),  gendis/dandang gendis (Jawa). Diluar negeri tanaman ini dikenal dengan istilah  pha ya yor (Thailand), bi phaya yow (Cina). Khasiat dari tanaman ini sebagai  diuretik, antiinflamasi, antidiabetik dan antibakteri. Adapun famili yang sama  dengan tumbuhan ini antara lain gandarusa dan sambiloto, dimana keduanya  digunaakan masyarakat luas untuk mengobati diuretik. Diuretik merupakan obat  yang dapat menambah kecepatan pembentukan urin atau dikenal dengan istilah  diuresis. Diuresis merupakan penambah volume urin yang diproduksi dan  menunjukkan jumlah pengeluaran (kehilangan)zat – zat terlarutair. Diuretik  dapat meningkatkan aliran urin dengan menghambat reabsorbsi natrium dan air  dari tubulus ginjal (Anonim,2005).
Hasil skrining yang telah dilakukan Wirasty (2004), daun dandang gendis  mengandung senyawa golongan alkaloid, triterpenoid/steroid, glikosida, tanin,  saponin, flavonoid dan minyak atsiri. Disamping itu mengandung senyawa lupeol,  betulin, dan sitosterol (Anonim,2005).


Contoh Skripsi Farmasi:Uji Efek Terapeutik Dari Ekstrak Etanol Daun Dandang Gendis (Clinacanthus nutans (Burm.f.) Lindau) Sebagai Diuretik Pada Tikus Putih Jantan
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.