Contoh Skripsi Farmasi:Uji efek ekstrak etanol bunga rosela (Hibiscus sabdariffa L.) terhadap penurunan kadar gula darah pada tikus putih jantan



BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang  
Indonesia adalah negara yang kaya dengan bahan alam terutama tumbuhan yang  berpotensi besar untuk dimanfaatkan dan dikembangkan secara maksimal. Perubahan sikap kembali ke alam(back to nature) sekarang ini justru membuat pemanfaatan tanaman obat  semakin meningkat (Utami, 2003).
Masyarakat sudah mengenal tanaman rosela sejak dari dahulu, terutama bagi  para kalangan pecinta tanaman obat maupun tanaman hias, rosela merupakan  tanaman yang sudah banyak di budidayakan.
Bahkan sekarang ini sudah banyak  dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan minuman seperti permen jeli, selai, saus,  dodol, manisan, sirup. Tanaman rosela terdiri dari beberapa jenis yaitu rosela Sudan/  Afrika mempunyai warna merah pekat kehitaman dengan ujung kelopak menguncup,  rosela Cranberry berwarna merah dengan ujung kelopak berbentuk oval, dan rosela  Taiwan berwarna merah dengan ujung kelopak runcing menguncup (Anonim, 2009).
Bunga rosela mengandung vitamin (A, D, B1, C), flavonoid, gossypetin,  hibisetin, sabdaretin, beta-karoten, kalsium, magnesium, tanin, asam amino essensial (lisin dan arginin), polisakarida dan omega-3 (Herti. M dan Kristina, 2008).
 Bunga rosela berkhasiat sebagai antidiabetes,  anti bakteri dan anti virus,  menghambat pertumbuhan kanker, asam urat, kolesterol, hipertensi, serta membantu  menurunkan berat badan (Mardiah dan Rahayu, 2009).
Secara tradisional berdasarkan pengalaman masyarakat di kecamatan Bagan  Batu, Provinsi Riau yang menderita diabetes mellitus menggunakan simplisia bunga  rosela Taiwan yang berwarna merah sebagai antidiabetes, dengan cara meminum  seduhan rosela yang telah dikeringkan sebagai pengganti teh. Seduhan teh rosela di  minum 1-2 gelas setiap hari setelah makan. Menurut pernyataanya kadar gula  darahnya normal dan badannya merasa segar.
Berdasarkan latar belakang diatas, penulis tertarik melakukan uji efek  penurunan kadar gula darah pada ekstrak bunga rosela Taiwan ini , karena belum ada  pengujian farmakologi yang dilakukan terhadap tumbuhan ini. Selain itu, agar dapat  mengetahui karakteristik yang belum tercantum dalam Materia Medika Indonesia sebagai acuan standarisasi simplisia Indonesia.


Contoh Skripsi Farmasi:Uji efek ekstrak etanol bunga rosela (Hibiscus sabdariffa L.) terhadap penurunan kadar gula darah pada tikus putih jantan
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.