Contoh Skripsi Farmasi:Pemeriksaan Kadar Pirazinamida Dalam Plasma Darah Pasien TB Menggunakan Kromatografi Cair Kinerja Tinggi



BAB I  
PENDAHULUAN  
1.1 Latar Belakang  
Salah satu penyakit penyebab kematian utama yang disebabkan oleh  infeksi, adalah tuberkulosis (TB). TB merupakan ancaman bagi penduduk  Indonesia dan dunia. Pada tahun 2004, sebanyak seperempat juta orang bertambah  penderita baru dan sekitar 140.000 kematian setiap tahunnya. Sebagian besar  penderita TB adalah penduduk yang berusia produktif antara 15-55 tahun, dan  penyakit ini merupakan penyebab kematian nomor tiga setelah penyakit jantung  dan penyakit pernafasan akut pada seluruh kalangan usia (Depkes, 2005).

Peningkatan jumlah penderita disebabkan oleh berbagai faktor, yakni  kurangnya tingkat kepatuhan penderita untuk berobat dan meminum obat, harga  obat yang mahal, timbulnya resistensi ganda, kurangnya daya tahan hospes terhadap mikobakteria, berkurangnya  daya bakterisid obat yang ada,  meningkatnya kasus HIV/AIDS dan krisis ekonomi (Depkes, 2005).
Obat yang digunakan untuk TB digolongkan atas dua kelompok yaitu:  obat primer: INH (isoniazid), rifampisin, etambutol, streptomisin, pirazinamida.
Obat-obat ini memperlihatkan efektifitas yang tinggi dengan toksisitas yang masih  dapat ditolerir, sebagian besar penderita dapat disembuhkan dengan obat-obat ini.
Obat sekunder: exionamid, paraaminosalisilat, sikloserin, amikasin, kapreomisin  dan kanamisin. Meskipun demikian, pengobatan TB paru-paru hampir selalu  menggunakan tiga obat yaitu INH, rifampisin dan pirazinamida (Tjay dan  Rahardja, 2002).
  Pirazinamida merupakan obat garis depan yang penting digunakan  bersama isoniazid dan rifampisin dalam pemberian jangka pendek (yaitu 6 bulan)  sebagai suatu agen “sterilizator”aktif untuk melawan sisa-sisa organismeorganisme intraseluler yang dapat mengakibatkan kekambuhan. Pirazinamida  diabsobsi dengan baik dari saluran cerna dan didistribusikan secara meluas ke  seluruh jaringan tubuh. Basil tuberkel yangresisten terhadap obat ini berkembang  dengan cepat, tetapi tidak ada resistensisilang dengan isoniazid atau obat-obat  antimikrobakteri lain (Chambers, 2004). Pirazinamida merupakan serbuk putih  yang stabil pada temperatur kamar. Untuk mengetahui stabilitasnya telah  dilakukan penelitian stabilitas invitro pada temperatur  o C,  o C, dan  o C oleh  Chuluq, dkk (2004). Diperoleh bahwa kadar pirazinamida pada penyimpanan  selama 7 hari tidak berubah atau stabil.


Contoh Skripsi Farmasi:Pemeriksaan Kadar Pirazinamida Dalam Plasma Darah Pasien TB Menggunakan Kromatografi Cair Kinerja Tinggi
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.