Contoh Skripsi Electrical Engineering:Analisis Termal Kabel Tanah Tegangan Menengah Menggunakan Metode Numerik



BAB I
PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang
Selain saluran udara tegangan menengah dengan menggunakan konduktor  telanjang, digunakan juga kabel tanah untuk saluran kabel tegangan  menengah.
Penggunaan kabel lebih handal dibanding dengan konduktor telanjang, akan tetapi  harga dan biaya instalasinya lebih mahal. Biaya yang mahal tersebut meliputi biaya  bahan dan peralatan yang digunakan, upah pekerja, dan waktu yang dibutuhkan  untuk merancang dan memasang kabel.

Oleh karena itu biaya yang mahal harus tergantikan dengan memungkinkan  kabel tersebut menghantarkan arus sesuai dengan kapasitas maksimumnya. Akan  tetapi suhu konduktor membatasi kemampuan hantar arus dari kabel tanah,  contohnya suhu yang diizinkan pada kabel dengan isolasi XLPE dibatasi hingga   o C. Di samping itu suhu operasi sangat berpengaruh terhadap umur kabel dan suhu  yang melebihi batas operasi dapat merusak isolasi dan pelindung kabel.
Model pertama yang digunakan untuk menghitung kemampuan hantar arus  adalah model Neher-McGrath dalam tahun 1957. Model ini telah diterima secara luas  selama lebih dari 50 tahun, dan sekarang banyak perusahaan menggunakan standar  IEC 60287 yang berdasarkan pada model Neher-McGrath. Metode pada standar IEC  60287 ini sederhana dan memiliki banyak keterbatasan, sehingga tidak dapat  digunakan untuk menganalisis kabel dengan konfigurasi yang kompleks.
Metode numerik dengan metode elemen hingga (finite element method)  merupakan metode yang tepat dalam mengatasi model kabel dengan geometrik yang   kompleks. Metode elemen hingga mampu memecahkan masalah yang dimodelkan  dengan persamaan diferensial parsial. Suatu region  atau daerah yang dianalisis  direpresentasikan sebagai sebuah susunan elemen-elemen hingga. Fungsi-fungsi  pendekatan dalam elemen hingga didefinisikan dengan istilah nilai node dari suatu   fisik.
Masalah fisik yang kontinu ditransformasikan ke dalam masalah elemen  hingga yang diskrit dengan nilai-nilai node yang tidak diketahui. Kemudian solusi  masalah linier sistem persamaan aljabar linier dilakukan secara numerik. Nilai-nilai  dalam elemen hingga dapat diperoleh menggunakan solusi node.
I.2 Tujuan dan Manfaat Penulisan Adapun tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah:  1.  Menentukan kemampuan hantar arus kabel tanah tegangan menengah  menggunakan standar IEC 60287.
2.  Menentukan kemampuan hantar arus kabel tanah tegangan menengah  menggunakan metode numerik dengan metode elemen hingga.


Contoh Skripsi Electrical Engineering:Analisis Termal Kabel Tanah Tegangan Menengah Menggunakan Metode Numerik
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.