Skripsi Akuntansi: ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN RASIO UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PADA PT MEWAH INDAH JAYA MEDAN


BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Masalah Bidang keuangan merupakan bidang yang sangat penting dalam suatu  perusahaan. Banyak perusahaan berskala besar atau kecil baik besifat profit dan non  profit akan mempunyai perhatian yang besar dalam bidang keuangan.
Dalam perkembangan usaha yang semakin maju, persaingan antara satu  perusahaan dengan perusahaan yang lainnya semakin tinggi dan kondisi  perekonomian yang tidak menentu menyebabkan banyaknya perusahaan yang tibatiba mengalami keruntuhan. Oleh karena itu, agar perusahaan dapat bertahan atau  bahkan bisa tumbuh dan berkembang, perusahaan harus mencermati kondisi dan  kinerja perusahaan. Untuk mengetahui dengan tepat bagaimana kondisi dan kinerja  perusahaan maka diperlukan suatu analisis yang tepat.

Media yang dapat dipakai untuk menilai kinerja perusahaan adalah laporan  keuangan. Laporan keuangan yang disusun secara baik dapat memberikan gambaran  keadaan yang nyata mengenai hasil atau prestasi yang telah dicapai oleh suatu  perusahaan selama kurun waktu tertentu. Keadaan inilah yang akan digunakan untuk  menilai kinerja keuangan. Apalagi informasi mengenai kinerja keuangan suatu  perusahaan sangat bermanfaat untuk berbagai pihak seperti investor, kreditur,  pemerintah,  bankers, pihak manajemen sendiri, dan pihak-pihak lain yang  berkepentingan.
Untuk menilai kinerja perusahaan, maka harus dilakukan pengolahan lebih  lanjut atas laporan keuangan perusahaan. Analisis Rasio (Ratio Analysist) adalah  salah satu cara untuk menghitung dan menginterpretasikan rasio keuangan untuk  menganalisa dan melihat kinerja perusahaan.
Pada dasarnya, penilaian kinerja terdiri dari aspek keuangan dan aspek non  keuangan. Aspek keuangan didasarkan pada laporan keuangan sedangkan aspek non  keuangan didasarkan pada bidang yang akan dianalisis, seperti aspek pemasaran,  aspek operasional dan aspek sumber daya manusia. Dalam skripsi ini, penulis akan  secara khusus membahas mengenai penilaian kinerja berdasarkan aspek keuangan.
Pada penelitian ini, penulis ingin melihat peranan analisis laporan keuangan  dalam menilai kinerja perusahaan di PT Mewah Indah Jaya. PT Mewah Indah Jaya  adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri. Kegiatan perusahaan  tersebut adalah memproduksi alat-alat rumah tangga seperti panci, wajan, sendok,  kompor, dan lain sebagainya. Oleh karena perusahaan ini merupakan perusahaan  industri yang mencakup banyak kegiatan, maka penulis ingin melihat bagaimana  kinerja perusahaan ini dalam mengolah keuangannya, sehingga penulis tertarik untuk  membahas mengenai analisis laporan keuangan PT Mewah Indah, dan mengambil  judul “Analisis Laporan Keuangan dengan Menggunakan Rasio untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan pada PT Mewah Indah Jaya” 

Download lengkap Versi PDF